Kartu Kredit untuk Pemula

Tips Memilih & Membuat Kartu Kredit untuk Pemula

Posted on

Mempunyai keinginan untuk dapat memperoleh kartu kredit adalah hal yang wajar. Hal ini tak ada salahnya, sepanjang keinginan Anda itu mempunyai sebuah tujuan demi kemudahan dan bukan justru menimbulkan kesulitan di masa mendatang.

Kartu kredit kini bukan lagi menjadi suatu fasilitas keuangan yang susah untuk diperoleh, bila Anda memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh bank penerbit, maka Anda dapat memperoleh kartu kredit dengan gampang. Akan tetapi, hal yang patut jadi pertimbangan dalam mengajukan kartu kredit yaitu tentang manfaat yang Anda harapkan dari kartu kredit tersebut. Jangan lantas Anda mempunyai suatu hal yang nantinya justru tidak Anda perlukan, atau bahkan menimbulkan kerugian bagi diri Anda di masa yang akan datang.

Kartu Kredit untuk Pemula

Mungkin Anda hanya sedikit mengetahui tentang kartu kredit, atau bahkan belum tahu sama sekali. Namun tak perlu khawatir, kami akan membagikan informasi mengenai kartu kredit untuk pemula.

Kini terdapat banyak fitur menarik yang di tawarkan oleh kartu kredit sehingga membuat banyak orang ingin memilikinya, barangkali Anda juga begitu?

Kini bank-bank sudah mengaplikasikan sejumlah fitur istimewa didalam setiap jenis kartu kredit yang diterbitkan sesuai dengan kebutuhan nasabah. Sehingga Anda perlu mencocokkan jenis kartu kredit sesuai dengan kebutuhan.

Tetapi, banyaknya pilihan tipe kartu kredit justru kerap kali bikin orang jadi kebingungan ketika ingin menentukan pilihan jenisnya, terlebih untuk nasabah pemula. Hal seperti ini acap kali membuat pengguna pemula kebingungan.

Tips Pengajuan Kartu Kredit Untuk Pemula

Untuk pemula, memilih jenis kartu kredit pertama itu mungkin tidak mudah. Karena perlu pertimbangan yang matang, hingga pengguna kartu kredit untuk pemula dapat memperoleh manfaat sesuai esensi dari kartu kredit. Oleh karena itu ada baiknya Anda simak tips memilih kartu kredit untuk pemula dibawah ini.

Pahami Kebutuhan Anda

Kini terdapat banyak bank yang memberi fasilitas kartu kredit dengan berbagai jenis pilihan produk kartu kredit. Sehingga hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu mengetahui apa kebutuhan Anda sebenarnya yang bisa dipenuhi dengan kartu kredit nantinya?

Jangan sampai Anda memilih jenis kartu kredit yang justru tidak mampu memenuhi kebutuhan yang Anda. Contohnya, Anda mempunyai hoby menonton film di bioskop, maka semestinya Anda mengajukan kartu kredit yang menawarkan kemudahan dan promo menarik dalam menonton film di bioskop.

Ada banyak bank yang memberi layanan kartu kredit dengan fitur yang nyaris serupa. Maka dari itu Anda mesti betul-betul teliti serta pandai dalam memilih satu diantara yang paling tepat diantara mereka.

Temukan Bank yang Tepat

Selajutnya Anda dapat mulai mengumpulkan informasi berkenaan dengan bank yang mempunyai layanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Utamakan kredibilitas dan reputasi dari bank yang ingin Anda pakai, hal itu bisa jadi jaminan terhadap pelayanan yang akan mereka berikan.

Pilih bank dengan fasilitas memadai dan mampu memberikan Anda kemudahan. Dapatkan beragam informasi tentang bank ini dengan cara mengakses situs mereka atau langsung ke kantor cabang bank tersebut. Berikut adalah sebagian poin penting yang harus Anda pertimbangkan sewaktu memilih bank:

Persyaratan Pengajuan

Untuk memperoleh kartu kredit, maka Anda diharuskan untuk memenuhi semua syarat-syarat pengajuan yang sudah ditetapkan oleh bank. Jangan pilih bank dengan persyaratan yang justru dapat menyulitkan Anda. Dibawah ini yaitu syarat-syarat standar yang biasanya diminta oleh bank untuk pengajuan kartu kredit :
– Foto copy KTP, NPWP, dan rekening koran 3 bulan terakhir
– Slip gaji
– Foto copy SIUP, TDP (khusus untuk pengusaha)
– Foto copy Surat Izin Praktek (khusus untuk profesional)

Kemudahan Pembayaran

Terdapat beberapa bank yang mempermudah nasabahnya dalam melakukan pembayaran tagihan kartu kredit, salah satunya lewat cara memberikan fasilitas auto-debet, sms banking, internet banking dan ATM. Saat Anda memakai kartu kredit, maka Anda bakal melakukan pembayaran setiap bulan, oleh karena itu pertimbangkan untuk memilih bank yang memberi kemudahan untuk pembayaran.

Besaran Suku Bunga

Dalam pemakaian kartu kredit, Anda akan dikenakan bunga bila Anda tidak melunasi tagihan tepat waktu. Maka begitu penting untuk mempertimbangkan besaran suku bunga yang diberlakukan suatu bank, hal ini bisa jadi justru malah membebani keuangan Anda, terlebih bila Anda nanti seringkali menunggak tagihan.

Beragam Biaya Lain

Kartu kredit juga mempunyai sejumlah tagihan biaya lain yang bersifat wajib serta bersifat sebagai konsekuensi atas kesalahan penggunanya dalam memenuhi kewajiban. Terdapat banyak biaya yang layak Anda pertimbangkan sejak awal, seperti biaya keterlambatan pembayaran, materai, iuran tahunan, over limit, serta biaya yang lain. Pada intinya, setiap bank dapat mengaplikasikan kebijakan biaya yang berbeda, sehingga Anda mesti memperhitungkannya dengan teliti.

Ajukan Permohonan

Sesudah menemukan bank penerbit kartu kredit yang paling sesuai dengan kriteria yang Anda perlukan, maka Anda telah dapat mengajukan permohonan kartu kredit. Hal ini dapat dikerjakan melalui beberapa cara, seperti mengajukan secara online di situs bank, mendatangi kantor cabang bank, atau datang ke tempat promosi kartu kredit (biasanya di mall).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *