tingkatan kartu kredit

Tingkatan Kartu Kredit, Jenis dan Syaratnya

Posted on

Jenis kartu kredit hadir berdasarkan tingkatan kartu kredit tertentu. Jadi sebelum Anda memilih kartu kredit yang ingin dibuat, pastikan anda mengetahui tingkatan kartu kredit.

Jenis dan Tingkatan Kartu Kredit

Kartu Kredit Silver

Jenis kartu kredit silver adalah tingkatan kartu kredit terendah yang paling banyak dipakai orang-orang. Ini lantaran biasanya, setiap pemohon kartu kredit baru akan langsung diberikan kartu kredit silver terlebih dahulu, baru selanjutnya meningkat sesuai dengan riwayat kredit yang ia miliki.

Kartu kredit silver mempunyai limit terendah, yaitu sekitar Rp 3 sampai 7 juta. Kartu kredit silver bisa diajukan oleh mereka dengan penghasilan minimal per bulan Rp 3 juta. Walau demikian, seiring dengan penggunaan kredit, seseorang dengan gaji Rp 3 juta dapat saja mempunyai kartu kredit jenis gold bila dirinya mempunyai riwayat kredit yang bagus saat menggunakan kartu kredit silver sebelumnya.

Kartu Kredit Gold

Kartu kredit gold termasuk dalam segmen kelas menengah ke atas. Kartu kredit jenis gold ini umumnya ditandai dengan warna emas pada bentuk fisik kartunya, walau ketentuan ini juga tidak sepenuhnya mutlak.

Kartu kredit jenis gold ditujukan untuk mereka dengan penghasilan tetap minimal per bulannya Rp 5 sampai 10 juta. Kartu kredit jenis gold mempunyai limit kredit sekitar antara Rp 10 sampai 40 juta.

Seseorang dapat langsung memperoleh kartu kredit gold bila dia memenuhi syarat-syarat seperti minimal penghasilan ataupun riwayat kredit yang bagus. Namun, makin tinggi tingkatan kartu kredit, biasanya makin tinggi juga besaran biaya tahunannya.

Kartu Kredit Platinum

Kartu kredit jenis platinum adalah kartu kredit dengan tingkatan tertinggi. Kartu kredit jenis platinum cuma dimiliki oleh sebagian orang, lantaran tidak mudah untuk memperolehnya akibat kriteria penerima kartu yang cukup ketat.

Dikarenakan tingkatan kartu kredit yang tinggi, jenis platinum juga mempunyai limit kredit yang cukup tinggi, angkanya yaitu dari mulai Rp 40 juta sampai 1 miliar. Meski begitu, untuk dapat memperolehnya pemohon juga mesti memenuhi sejumlah syarat. Penghasilan minimum per tahun bagi mereka yang ingin memperoleh platinum yaitu Rp 180 juta, tentunya dengan riwayat kredit yang bagus.

Kartu Kredit Titanium

Diatas tingkatan kartu kredit platinum, masih ada lagi kartu kredit titanium. Kartu titanium ini terbatas sekali kepemilikannya di setiap bank. Bisa dibilang cukup sulit untuk dapat memperoleh kartu jenis ini, lantaran cuma yang secara khusus diundang oleh bank yang bisa memperoleh kartu kredit jenis titanium.

Lantaran untuk bisa memperolehnya hanya di pilih secara langsung oleh bank, maka tidak bisa diketahui secara pasti persyaratan apa saja yang diminta untuk dapat memiliki kartu titanium. Yang jelas hanya nasabah dengan penghasilan yang tinggi dengan catatan kekayaan nominal besar.

Kartu Kredit Spesial

Ada beberapa jenis kartu yang termasuk dalam tingkatan kartu kredit spesial, beberapa jenis ini tidak tersedia secara general, misalnya seperti Visa yang mengeluarkan kartu kredit Visa Infinite dan Visa Signature. Kartu kredit Visa Infinite dan Visa Signature tidak diperuntukan untuk umum.Jenis kartu kredit ini ditujukan untuk para pengusaha dengan aset milyaran, pengacara kondang, dan dokter terkenal.

Selain Visa Infinite dan Visa Signature, ada juga MasterCard yang mengeluarkan kartu kredit MasterCard World. Tingkatan kartu kredit jenis ini juga sama spesialnya seperti Visa, dikarenakan tidak ditujukan untuk publik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *