Sebutkan Syarat Syarat Pemberian Kredit
Sebutkan Syarat Syarat Pemberian Kredit

Sebutkan Syarat Syarat Pemberian Kredit

Posted on

Sebutkan syarat syarat pemberian kredit ini terbentuk berdasar pada kepercayaan. Syarat kredit harus memenuhi syarat-syarat yang diwajibkan lembaga atau pihak pemberi kredit, baik dokumen yang dibutuhkan ataupun yang lain. Misalnya untuk suatu perusahaan yang ajukan kredit syarat pemberian kredit nya adalah wajib berbadan hukum serta minimum usaha sudah berjalan 2 tahun serta sudah menghasilkan laba.

Sebutkan syarat syarat pemberian kredit ?

Syarat yang lain yaitu 5C. Pemberian kredit pada individu atau badan usaha harus mempertimbangkan beberapa hal yang di kenal dengan istilah 5C, yaitu :

a. Character
Karakter yaitu sifat serta tingkah laku pemohon dalam kehidupan usahanya. Pemberi kredit perlu mempelajari kepribadian pemohon. Sehingga pemohon bisa sepenuhnya dipercaya mampu memenuhi kewajibannya kelak.

b. Capability
Kemampuan pemohon untuk mengembalikan kredit secara tepat waktu. Hal ini mesti di perhatikan oleh pemberi kredit dengan memperhatikan jenis usaha serta kemampuan untuk meraih laba yang diukur dari laporan keuangan.

c. Capital
Modal yang dimiliki badan usaha yang datang dari pinjaman bank diharapkan bisa mendorong perkembangan bisnisnya.

d. Collateral
Jaminan merupakan harta atau surat-surat berharga yang diperlukan sebagai jaminan kredit.

e. Condition of econom
Kondisi ekonomi yang akan datang harus menggambarkan kondisi yang baik, umpamanya tingkat inflasi yang terkendali hingga nilai mata uang saat ini hampir sama dengan nilai uang di masa mendatang.

Sebutkan syarat pemberian kredit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *