rumah syariah tanpa bank

Rumah Syariah Tanpa Bank? Ini 3 Cara KPR Rumah Syariah Tanpa Riba dan Bunga

Posted on

Apakah bisa membeli Rumah Syariah tanpa Bank?

Apakah ada KPR Rumah Syariah tanpa riba?

Melalui artikel berikut ini semoga kedua pertanyaan diatas bisa terjawab dengan baik.

Mempunyai rumah impian bukanlah suatu hal yang sulit lagi, apalagi dengan hadirnya sistem pembelian Properti atau Rumah Syariah yang menyedeiakan cicilan rumah syariah tanpa riba ataurumah syariah tanpa bunga. Namun benarkah nasabah dapat membeli rumah tanpa membayar cicilan yang disertakan bunga dan riba?

Simaklah ulasan dibawah ini untuk mengerti lebih lanjut sistem pembiayaan rumah syariah murah tersebut.

Cara Membeli Rumah Syariah Tanpa Bank,  Tanpa Riba dan Tanpa Bunga

Sebenarnya, ada banyak cara untuk beli rumah tanpa harus terlilit cicilan riba, dan inilah 3 cara umum yang biasa digunakan banyak nasabah untuk membeli rumah syariah tanpa bunga pinjaman.

#1 Cicilan 0% langsung ke Developer

Cara pertama untuk miliki rumah dambaan tanpa melibatkan riba adalah dengan cara mencicil langsung ke developer (pengembang properti). Salah satu perumpamaan misalnya, lewat DPSI (Developer Property Syariah Indonesia).

Jika Anda ingin beli properti yang dibangun oleh deveoper, Anda dapat membayar cicilan langsung kepada developer, sehingga tidak melibatkan Bank dan riba. Untuk tenor angsurannya pun beragam, mulai dari 10 hingga 20 tahun.

#2 Cash Keras

Selain mencicil, untuk terhindar dari Bank saat membeli rumah maka Anda dapat membayar tunai pembelian rumah, atau biasa disebut cash keras.

#3 KPR Syariah Tanpa Riba

Pilihan terakhir ini sebenarnya masih melibatkan Bank Syariah hanya saja terbebas dari riba dan bunga, yakni beli rumah dengan menggunakan sistem pembiayaan KPR Syariah. Sekarang, terdapat banyak produk KPR Syariah yang dapat Anda gunakan untuk pembiayaan rumah, contohnya akadakad murabahah (jual beli), akad ijarah muntahia (sewa beli), dan akad istishna (pembiayaan rumah dengan target inden).

Salah satu perbedaan mendasar antara KPR konvensional (bunga) dan KPR Syariah (tanpa bunga) ialah instansi keuangan yang mengeluarkannya. Jika KPR konvensional diluncurkan oleh Bank konvensional, produk pembiayaan KPR Syariah dikeluarkan oleh Bank syariah. Sistem dan karakteristik lah yang membuat kedua produk pembiayaan ini berbeda.

Pada KPR konvensional, biasanya calon pembeli diharuskan menyetorkan uang muka, dan sisanya akan dibayarkan oleh Bank. Dimana sisa uang tersebut harus Anda cicil untuk melunasi kepada bank, dan bank berhak menerima bunga yang dibebankan kepada nasabah.

Sementara Pada KPR Rumah Syariah tanpa riba, Bank akan membayarkan rumah, selanjutnya memasarkan ulang rumah kepada calon pembeli dengan sistem pembayaran cicilan flat. Sehingga tak kan ada pembebanan biaya untuk bunga.

Mau Membeli Rumah Syariah Tanpa Bank Sekarang?

Jika Anda sudah mengerti sistem pembiayaan Rumah Syariah tanpa Bank, dan sekarang telah memutuskan untuk membeli rumah syariah tanpa bank, maka Anda bisa mencari developer yang sedang memasarkan rumah syariah.

Nah, bagi Anda yang kebingungan untuk mencari developer, maka Anda bisa mencari informasi di internet mengenai website-website yang menyediakan informasi penawaran rumah syariah, misalnya seperti Rumah Syariah Bekasi yang menyediakan penawaran puluhan rumah syariah dari berbagai developer di Jabodetabek dan Banten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *