pinjaman uang cepat tanpa syarat
Pinjaman uang cepat tanpa syarat

Pinjaman Uang Cepat Tanpa Syarat

Posted on

Kebutuhan orang-orang akan dana tunai saat ini semakin tinggi. Sehingga wajar jika ada permasalahan keuangan, kebanyakan orang langsung mengajukan pinjaman di bank. Namun seiring perkembangan era digital, pinjam uang online saat ini juga semakin ramai.

Kini tidak hanya perbankan yang telah memodifikasi layanan pinjaman dana secara online. Lembaga keuangan non-bank pun saat ini banyak yang tawarkan layanan yang serupa, dalam kasus ini layanan pinjaman online cepat dan mudah.

Bahkan juga ada pinjaman cepat tanpa jaminan dan kartu kredit yang cuma mensyaratkan KTP saja kepada calon peminjam.

Penawaran pinjaman cepat tanpa jaminan dan kartu kredit ini jelas tidak sama dengan prosedur perbankan yang mewajibkan peminjam menyerahkan sejumlah persyaratan dokumen, dari mulai KTP, NPWP, slip gaji, sampai kepemilikan kartu kredit.

Jadi lumrah saja bila banyak yang terbuai begitu mendengar adanya layanan pinjaman cepat tanpa jaminan dan kartu kredit dengan mensyaratkan KTP saja. Tapi Anda harus hati-hati dengan model pinjaman cepat tanpa syarat seperti ini, sebab seperti yang kita ketahui bahwa didunia ini tidak ada yang gratis.

Syarat-syarat yang diberlakukan memang bisa saja mudah, tapi tentu ada konsekuensi buat peminjam. Sehingga ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika ingin mengajukan pinjaman cepat tanpa syarat seperti ini, misalnya yaitu plafon, suku bunga, serta tenor pinjaman.

Simulasi pinjaman uang cepat tanpa syarat

Pinjaman cepat tanpa syarat yang hanya mensyaratkan KTP saja umumnya sediakan limit pinjaman yang kecil, yaitu antara Rp 1 – 3 juta. Namun mereka umumnya mengaplikasikan “biaya layanan” untuk menjadi pengganti bunga. Sebab pinjaman harus dikembalikan ketika telah jatuh tempo yang umumnya hanya sebulan.

Sepintas, layanan pinjam uang tanpa syarat seperti ini sangat sesuai buat Anda yang perlu dana tunai kecil dalam waktu cepat serta tidak ingin repot menyiapkan persyaratan dokumen. Tapi apakah iya ini menjadi solusi yang bijak terhadap permasalahan keuangan kita?

Bayangkan saja jika andai kita mengajukan pinjam uang tanpa syarat dengan plafon Rp 3 juta dengan tempo pinjaman 30 hari dan biaya layanan mencapai Rp 1 juta, maka itu artinya kita perlu mengembalikan total Rp 4 juta. Itu artinya biaya layanan yang dikenakan mencapai 34,77 % dari plafon pinjaman yang kita peroleh. Rugi kan?

Bila tidak ingin rugi maka sebaiknya sejak awal Anda lakukan riset terlebih dahulu tentang biaya layanan dari penawaran pinjam uang tanpa syarat tersebut.

Simulasi KTA pinjaman online cepat dan mudah

pinjaman cepat tanpa syarat
Pinjaman cepat tanpa syarat

Berbeda apabila kita mengajukan KTA online yang umumnya menawarkan plafon lebih besar mulai dari Rp 5 juta.

Sebagai contoh jika kita pinjam Rp 5 juta agar dapat mengajukan KTA online dengan tenor 12 bulan dan bunga pertahun 11, 4% (0,95% per bulan). Maka nilai bunga satu tahunnya yaitu cuma Rp 570 ribu (11,4% x 5 juta). Itu berarti total uang yang harus dikembalikan yaitu Rp 5.570.000. Yang artinya bunga KTA online jauh lebih kecil dibanding layanan pinjaman uang cepat tanpa syarat dari non bank. Sebulannya hanya 0,95 %!

Rekomendasi bacaan: KTA Proses Cepat Tanpa Kartu Kredit

Saran untuk mengajukan pinjaman cepat tanpa syarat

Terdesak dengan kebutuhan pinjaman uang cepat tanpa syarat memanglah dapat buat kita jadi gelap mata. Tapi yang jadi persoalannya ini bakal jadi hutang loh, jadi jangan tergesa-gesa.

Periksa terlebih dahulu soal keamanan, legalitas, serta hitung biaya tambahannya. Jangan karena menawarkan pinjaman online cepat dan mudah, kita lantas gelap mata langsung mengajukannya. Kalkulasi segala hal terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan, termasuk yang terpenting soal kemampuan kita dalam mengembalikan dana pinjaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *