pinjaman modal usaha tanpa jaminan
Pinjaman modal usaha tanpa jaminan

Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan | Pinjaman Modal Tanpa Jaminan

Posted on

Membuka usaha dengan memperoleh pinjaman modal tanpa jaminan saat ini telah semakin mudah. Hal ini dipicu karena adanya kebijakan dari pemerintah yang memungkinkan masyarakat untuk menikmati berbagai program produk keuangan yang di selenggarakan perbankan atau lembaga keuangan lainnya.

 

Pinjaman modal usaha tanpa jaminan dari KTA

Anda cuma perlu datang ke bank, lalu ajukan kredit tanpa agunan (KTA). Nah, di bawah ini mari simak Bank mana saja yang menawarkan program KTA.

Danamon Simpan Pinjam

Danamon Simpan Pinjam merupakan produk KTA dari Bank Danamon yang menargetkan pemilik usaha dengan nilai pinjaman maksimum Rp 50 juta.

Dalam produk ini Danamon menerapkan sistem jemput bola dimana mereka mendatangi tempat usaha calon peminjam dengan Mobil Danamon Simpan Pinjam yang menjadi unit layanan keliling untuk melayani langsung pembukaan rekening serta pengajuan pinjaman.

Untuk pengajuan, calon nasabah cuma diminta syarat KTP dan KK.

KUR BTPN

BTPN melayani KTA lewat Kredit Usaha Rakyat (KUR), di mana angsuran pokok serta bunga kreditnya bersifat tetap.

Limit pinjaman KUR BTPN dimulai dari Rp 25 juta sampai Rp 500 juta dengan jangka waktu maksimum 48 bulan untuk kebutuhan modal kerja. Sedang untuk nasabah yang menjalankan investasi usaha, maksimum 60 bulan.

Persyaratan pengajuan KUR ini diantaranya yaitu pemohon tidak sedang mempunyai pinjaman KUR dan modal usaha lainnya di bank, dan mengisi formulir permohonan kredit serta pembukaan rekening.

Adapun persyaratan utama pinjaman modal usaha tanpa jaminan yang perlu dipenuhi oleh calon peminjam yaitu usaha harus sudah berjalan minimum 6 bulan, serta melengkapi dokumen seperti foto copy KTP, KK/Akta Nikah, NPWP, dan Surat keterangan usaha.

Bebas dari BTPN

Produk pinjaman tanpa jaminan ini menyasar sektor usaha kecil, dengan plafon maksimum Rp 50 juta dengan jangka waktu pinjaman maksimum 24 bulan.

Tetapi BTPN cuma bersedia mencairkan produk ini kepada nasabah yang telah menjalankan usahanya minimum dua tahun. Dengan begini, perlu lebih dari sebatas syarat KTP dan KK saja untuk pengajuannya.

 

Pinjaman modal usaha tanpa jaminan dari Pemerintah

pinjaman modal tanpa jaminan
Pinjaman modal tanpa jaminan

Bagaimana bila Anda kesusahan untuk memperoleh akses KUR? Maka saat ini pemerintah sudah mempersiapkan solusinya. Yakni lewat program pembiayaan Ultra Mikro.

Ultra Mikro (UMi) dari Kementerian Keuangan

Ultra mikro (UMi) adalah program pinjaman modal tanpa jaminan yang di tawarkan oleh Kementerian Keuangan. Pembiayaan tanpa agunan ini bertujuan untuk menjangkau pelaku UMKM yg tidak terjangkau KUR.

Pembiayaan UMi ini disalurkan lewat lembaga keuangan bukan bank, yaitu PT Bahana Artha Ventura, PT Pegadaian dan PT Permodalan Nasional Madani.

Kriteria yang berhak memperoleh pembiayaan UMi di antaranya yaitu WNI yang dibuktikan dengan NIK KTP.

Pemohon juga diwajibkan tidak sedang menanggung kredit dari bank atau koperasi. Terakhir, juga harus mempunyai keterangan usaha.

UMi menawarkan nilai plafon pinjaman maksimum senilai Rp10 juta, dengan suku bunga yang di tawarkan sekitar 2-4 % per tahun.

 

Pinjaman modal tanpa jaminan dari Peer to peer lending (P2P)

Apabila di rasa kriteria usaha Anda tidak termasuk dalam sasaran produk pinjaman dari perbankan dan pemerintah diatas, maka solusinya yaitu Anda dapat mengajukan pinjaman dari fintech dengan platform Peer to peer lending (P2P).

Pinjaman modal usaha online ini juga dikenal sebagai invoice financing. Jenis ini merupakan pinjam uang tanpa jaminan apapun. Tetapi yang jadi patokan yaitu invoice yang dimiliki pemohon. Invoice ini yang bakal dinilai oleh pihak pemberi pinjaman, yang kemudian berdasarkan nilai invoice tersebut pemohon diberi pinjaman modal.

Tetapi dikarenakan invoice financing ini mempunyai proses yang cepat serta tanpa jaminan, jadi bunga yang diberlakukan tidak serendah pinjaman bank.

Untuk yang memerlukan pinjaman modal usaha tanpa jaminan, ini daftar perusahaan Fintech yang sediakan layanan invoice financing :

#1 Investree

Investree merupakan pionir platfform P2P lending di Indonesia yang sudah terdaftar lebih dulu di OJK.

Nominal invoice yang dapat diajukan sebagai pinjaman bernilai Rp 30 juta hingga Rp 2.5 milyar dengan periode pinjaman mulai 1 bulan hingga paling lama 6 bulan. Dimana Investree memberlakukan nilai pinjaman yang bisa diajukan maksimum 80% dari nilai invoice.

Selain menggunakan mekanisme kredit konvensional dengan memberlakukan bunga, Investree juga menawarkan produk pinjaman modal usaha dengan sistem syariah.

#2 Modalku

Modalku adalah situs P2P Lending yang telah terdaftar di OJK. Pinjaman modal usaha yang ditawarkan dimulai dari Rp 50 juta sampai Rp 2 miliar, dengan tenor 3 hingga 24 bulan, dengan cakupan wilayah Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Persyaratan utama pemohon yaitu WNI beumur 21 s/d 60 tahun,Mempunyai omzet usaha minimum Rp. 20 juta/bulan dengan usaha beroperasional minimum satu tahun

Dokumen persyaratan yang diperlukan untuk pengajuan yaitu rekening koran bank 6 bulan terakhir, Laporan keuangan 2 tahun terahir yang sudah diaudit dan 1 tahun terakhir yang di buat oleh manajemen, Identitas pribadi penjamin dan Kartu nama penjamin.

#3 Koinworks

Koinworks adalah perusahaan Fintech Lending Indonesia yang melayani investasi online P2P Lending. Situs ini berperan untuk menghubungkan investor dengan calon peminjam potensial dalam sebuah platform canggih. Koinworks aman dikarenakan telah terdaftar di OJK. Investor bisa berinvestasi mulai dari Rp 100 ribu, dan peminjam bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp 10 juta dengan tenor 12 bulan, sampai maksimum Rp 500 juta dengan jangka waktu maksimum 24 bulan.

Tetapi situs ini hanya mencairkan pinjaman kepada pemohon dengan kriteria usaha telah berjalan minimal dua tahun dan berlokasi di Jabodetabek.

Untuk mendaftar di KoinWorks silahkan klik disini.

Demikian penjelasan mengenai 3 produk pinjaman modal tanpa jaminan diatas. Lalu Anda pilih produk pinjaman modal usaha tanpa jaminan yang mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *