Pinjam Uang Tanpa Bunga
Pinjam Uang Tanpa Bunga

Pinjam Uang Tanpa Bunga

Posted on

Namanya pinjaman, biasanya mempunyai bunga yang wajib dibayar oleh sang peminjam. Tetapi nyatanya beberapa orang berupaya untuk pinjam uang tanpa bunga.

Apakah benar ada tempat pinjam uang tanpa bunga?

Jawabannya yaitu ada, tergantung dimana tempat Anda meminjamnya. Sebab, tempat meminjam uang bukan cuma di bank.

Banyak tempat-tempat yang sediakan peminjaman uang selain bank yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk memperoleh dana segar. Maka dari itu Anda perlu mengetahui pihak mana yang menawarkan skema pinjam uang tanpa bunga.

Tempat Pinjam Uang Tanpa Bunga

Ada 5 tempat yang menawarkan skema pinjam uang tanpa bunga yang dapat jadi pemecahan atas masalah finansial Anda bila memerlukan dana segar, diantaranya yaitu sebagai berikut.

1. Jasa Pegadaian

PT Pegadaian bisa Anda manfaatkan sebagai tempat pinjam uang tanpa bunga.

sistem yang berlaku di Pegadaian yaitu sewa modal, bukanlah bunga, dimana pegadaian cuma memberlakukan biaya administrasi. Sistem sewa modal ini dikalkulasi setiap 15 hari sebanyak 1,15 %. Bila Anda kembalikan dana kurang dari 15 hari, maka sewa modalnya akan menjadi makin rendah.

Nilai pinjaman yang di terima tergantung pada nilai taksir dari barang yang dijaminkan. Adapun barang yang bisa dijaminkan diantaranya yaitu smartphone, peralatan elektronik, emas, sampai kendaraan bermotor.

2. Gunakan sistem Syariah

Bank syariah memberlakukan sistem bagi hasil dengan model akad seperti mudharabah serta musyarakah, murabahah, salam, dan istishna. Ada pula akad yang berkaitan dengan aktivitas sewa seperti ijarah, dan gadai yang disebut dengan Qardul Hasan atau Rahn.

Dalam mengajukan pinjaman syariah, Anda perlu mengkalkulasi besar angsuran serta periode pinjaman. Anda harus jeli mengkalkulasi antara nilai dana yang akan diperoleh dengan dana yang perlu dikembalikan.

Besaran dana yang dapat dicairkan beragam disesuaikan dengan kebutuhan calon peminjam, tapi umumnya pengajuan di beberapa Bank besar bisa berada di kisaran angka ratusan juta rupiah.

3. Pinjam uang tanpa bunga pada kerabat atau saudara

Sumber lain tempat pinjam uang tanpa bunga adalah keluarga atau sanak kerabat. Agar lebih aman, Anda dapat meminjam sejumlah dana dari kerabat yang mempunyai modal lebih besar.

Anda dapat membuat suatu perjanjian tertulis yang sudah di sepakati berkenaan dengan awal proses pinjaman dana, serta kebutuhan yang akan dilakukan.

4. Fasilitas pinjaman non bank secara online

Pinjaman online yang tengah ramai juga memberi fasilitas pinjaman tanpa bunga, salah satunya adalah platform Kredivo.

Bila anda mampu melunasi pinjaman sebelum 30 hari, maka anda akan bebas dari bunga. Cuma saja limit maksimal pinjamannya terbilang kecil, cuma sampai Rp 3 juta.

Baca juga: Aplikasi Pinjaman Uang Online

5. Kartu Kredit

Sebetulnya kartu credit dapat juga memberi fasilitas pinjam uang tanpa bunga. Syaratnya Anda perlu melunasi pinjamannya saat sebelum jatuh tempo.

Umpamanya, Anda memakai kartu kredit hingga Rp 2 juta untuk berbelanja bulanan. Sesudah gajian, Anda perlu membayar secara penuh tagihan itu.

Pelunasan transaksi tersebut mesti dilaksanakan saat sebelum jatuh tempo supaya Anda tidak terkena bunga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *