pengertian asuransi kesehatan adalah

Pengertian Asuransi Kesehatan Adalah..

Posted on

Secara umum, pengertian asuransi kesehatan adalah salah satu produk asuransi di mana pihak perusahaan penanggung asuransi menjamin biaya kesehatan pihak tertanggung, jika pihak tersebut mengalami masalah kesehatan seperti sakit atau kecelakaan.

Pada dasarnya yang dimaksud asuransi kesehatan yaitu asuransi yang secara khusus mengatasi risiko atas segala permasalahan kesehatan pihak tertanggung, dimana perusahaan asuransi kesehatan akan menanggung seluruh biaya perawatan apabila tertanggung jatuh sakit, termasuk juga apabila pihak tertanggung sakit disebabkan oleh kecelakaan.

Dalam praktiknya, asuransi kesehatan menyediakan 2 jenis tanggungan, yakni rawat inap serta rawat jalan. Dikarenakan semakin tingginya biaya kesehatan dan pengobatan, hal tersebut menyebabkan beberapa orang mulai mempertimbangkan untuk mengikuti asuransi kesehatan.

Dalam sistemnya, ada 2 jenis produk asuransi kesehatan yang disediakan berbagai perusahaan asuransi, yakni asuransi sosial dan komersial.

Pengertian asuransi kesehatan sosial sendiri yaitu suatu mekanisme dalam perolehan dana nasabah yang sifatnya wajib serta berasal dari iuran, sebagai perlindungan dari risiko yang menimpa nasabah. Sifatnya wajib, serta dapat menekan biaya kesehatan. Selain itu juga mempunyai sifat non profit dikarenakan premi yang rendah serta akan kembali untuk nasabah.

Pengertian Asuransi Kesehatan Menurut Para Ahli

Beberapa pengertian asuransi kesehatan menurut para ahli berikut ini mungkin bisa membantu Anda lebih memahami pengertian asuransi kesehatan.

Menurut Ali (1993), Asuransi kesehatan adalah sebuah perjanjian dimana penanggung memiliki ikatan dengan pihak tertanggung. Dalam hal ini, penanggung memperoleh premi dari pihak tertanggung guna mengganti rugi atas resiko yang didapatkan pihak tertanggung karena sebuah peristiwa.

Menurut Prodjodikoro (1996), asuransi kesehatan adalah sebuah perjanjian yang melibatkan dua pihak yaitu pihak tertanggung dan pihak penanggung. Pihak penanggung berjanji untuk mengganti biaya kerugian yang disebabkan oleh sesuatu yang belum pasti dan tidak terduga. Tanggung jawab pihak tertanggung adalah membayar dana atau premi setiap bulannya.

Pengertian Asuransi Kesehatan Swasta serta Komersial

Bila ditinjau dari segi kepemilikan badan penyelenggara, ada yang disebut dengan asuransi kesehatan swasta.

Pengertian asuransi kesehatan swasta yaitu asuransi kesehatan yang dikelola dan dimiliki oleh badan swasta. Keuntungan yang dapat Anda peroleh yaitu kualitas service kesehatan yang baik tetapi ada kekurangan dari system ini yakni kesusahan dalam soal penilaian pada penyelenggaranya.

Sedangkan pengertian asuransi kesehatan komersial merupakan suatu perjanjian yang sifatnya suka-rela serta di selenggarakan atas keinginan pribadi yang bertujuan untuk melindungi diri sendiri dari sebagian kemungkinan terjadinya risiko dan kerugian yang disebabkan oleh peristiwa tertentu.

Manfaat Asuransi Kesehatan

Bagi sebagian orang yang memiliki riwayat kesehatan yang bermasalah, bergabung dengan asuransi kesehatan dianggap hal yang sangat penting dikarenakan sangat berguna untuk menekan biaya perawatan dan pengobatan.

Biaya pengobatan sekarang ini telah semakin meningkat dari tahun ke tahun. Jika Anda memiliki riwayat kesahatan yang kurang baik dan mau memperoleh perawatan berkualitas, maka memang sudah sewajarnya Anda membayar lebih agar memperoleh perawatan yang layak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *