pendiri facebook
Pendiri Facebook, Mark Zuckenberg

Biografi Pendiri Facebook – Kisah Sukses Penemu Facebook

Posted on

Pendiri Facebook – Usianya masih terbilang muda, tetapi dia telah menjadi orang terkaya keempat didunia berkat Facebook. Dia adalah pendiri Facebook, Mark Zuckerberg.

Bernama lengkap Mark Elliot Zuckerberg, pria kelahiran Dobbs Ferry, Westchester County, New York, Ia menjadi aktor utama berkembangnya Facebook sebagai pencipta Facebook.

Zuckerberg merupakan anak ke dua dari empat bersaudara dari orangtua pasangan dokter gigi – ­psikiater. Ayahnya bernama Edward Zuckerberg dan Ibunya bernama Karen Zuckerberg. Mark Zuckerberg memang sudah gemar mengu­tak-atik komputer sejak kecil, dia mencoba bermacam program komputer serta belajar membuat program komputer.

Ayahnya membelikannya komputer saat dia beru­sia 8 tahun. Waktu bersekolah menengah di Phillips Exeter Academy, dia serta partnernya, D’Angelo, berhasil membuat plugin untuk MP3 player Winamp. Mereka berdua membuat plugin yang bertujuan untuk mengumpulkan kesukaan jenis dan genre lagu setiap orang, dimana setiap orang yang menggunakan pluginnya bisa membuat play­list lagu sesuai seleranya masing-masing.

Mereka kemudian mengirimkan plugin tersebut ke beberapa perusahaan, termasuk juga ke AOL (American Online) serta Microsoft. Hingga pada tahun terakhimya bersekolah di Phillips dia kemudian direkrut oleh Microsoft serta AOL untuk andil dalam suatu project besutannya. Saat meneruskan sekolah ke jenjang perguruan ting­gi, lalu keduanya mesti berpisah. D’Angelo memilih masuk Caltech, sedangkan Zuckerberg berkuliah di Harvard University.

Kisah pendiri Facebook

Di Harvard inilah sang pembuat Facebook mendapatkan ide untuk membuat situs buku direktori mahasiswa online, dikarenakan kampusnya tidak menyediakan buku mahasiswa. Tetapi tiap kali dia tawarkan diri untuk membuat direktori tersebut, pihak Harvard selalu menolaknya. Dikarenakan pihak kampus mempunyai alasan untuk tidak mengumpulkan informasi mahasiswa.

Cikal bakal menjadi penemu Facebook

penemu facebook
Penemu Facebook

Walau tidak diterima dia senantiasa mencari cara lain untuk mewujudkannya. Dia pun membuat proyek pertamanya yaitu CourseMatch (www.coursematch.com) yang memungkinkan teman-teman di kelas berkomunikasi antara satu sama lain di situs tersebut .

Suatu malam di tahun ke dua kuliahnya, Zuckerberg nekat menyabot data-data mahasiswa serta memasukkannya ke dalam situs buatannya bernama Facemash. Beberapa foto mahasiswa terpampang disana. Dia pun membuat caption kalimat untuk meminta visitor memilih mana foto yang paling hot.

Dari sini umpannya tersangkut. Hanya dalam waktu 4 jam sejak dia luncurkan webiste tersebut, tercatat ada 450 orang berkunjung ke Facemash serta ada akses sebanyak 22000 foto. Pihak kampus pun kemudian mengetahuinya, dimana langsung bereaksi dengan memutuskan sambungan internet. Zuckerberg kemudian diperkarakan atas pelanggaran dirinya mencuri data milik kampus.

Ia lantas meminta maaf pada teman-temannya yang fotonya ia masukkan ke dalam Facemash. namun penemu Facebook ini tidak menyesali tinda­kannya sama sekali.

Menjadi pencipta Facebook untuk pertama kalinya

pencipta facebook
Pencipta Facebook

Alih-alih kapok, ia justru membuat situs baru bernama Facebook (www.thefacebook.com) yang dirilisnya pada Februari 2004, dimana situs ini merupakan penyempurnaan dari Facemash. Tujuan website ini masih sama, yaitu sebagai wadah interaksi sosial sesama mahasiswa Harvard secara online.

Facebook hadir dengan tampilan navigasi yang lebih mudah. Setiap pemilik akun mempunyai halaman sendiri untuk menampilkan foto dirinya, teman-temannya, jejaring, serta lakukan hal yang lain seperti mengirim pesan.

Banyak fitur yang dapat digunakan oleh penggunanya, membuat Facebook langsung digan­drungi banyak orang-orang. Tercatat sampai sekarang telah lebih dari 20 ribu fitur aplikasi yang tersedia di dalam Facebook. Ada140 aplikasi baru yang ditambahkan ke Facebook setiap harinya serta 95% pengguna Facebook sudah menggu­nakan sekurang-kurangnya satu aplikasi.

Penyertaan banyak fitur aplikasi inilah yang membuat Facebook menjadi begitu berbeda dengan situs media sosial terdahulu, seperti Friendster dan MySpace yang lebih dulu ada. Hingga kemudian semakin banyak orang yang mendaftar dan memiliki akun Facebook.

Dalam kurun waktu hanya dua minggu sesudah di luncurkan, berkat semangat juang pembuat Facebook, separuh mahasiswa Harvard telah mempunyai akun Facebook. Nyatanya tidak cuma lingkungan mahasiswa Harvard yang tertarik, sebagian universitas di sekitar Harvard juga meminta untuk dimasukkan ke dalam Facebook.

Menjadi pembuat Facebook dan mulai merekrut tim

pembuat facebook
Pembuat Facebook

Ini yang membuat sang penemu Facebook kerepotan. Dia kemudian meminta pertolongan dua rekannya untuk turut dalam pengembangan Facebook. Hingga dalam tempo 4 bulan, Facebook telah dapat menjaring 30 universitas. Sampai akhir 2004 jumlah pengguna Facebook telah mencapai 1 juta pengguna.

Pengguna Facebook kian bertambah. Malah ada beberapa orang bukan mahasiswa berminat untuk gabung di Facebook. Tingginya desakan ini bikin penemu facebook, Zuckerberg, dkk mengambil keputusan membuka jaringan Facebook untuk para siswa SMA pada Sep­tember 2005. Selang beberapa saat mereka juga kemudian membuka jejaring untuk karyawan swasta. Kesibukan luar biasa inilah yang membuat sang pencipta Facebook mesti mengambil keputusan keluar dari Harvard.

Kekayaan pemilik Facebook

pemilik facebook
Pemilik Facebook

Hingga sekarang pencipta Facebook, Mark Zuckenberg berhasil menjadikan Facebook sebagai situs media sosial terbesar di seluruh dunia. Kini pembuat Facebook itu bahkan menjadi salah satu orang terkaya di dunia, berkat penghasilan utamanya dari Facebook.

Sungguh pencapaian yang luar biasa dari pemilik facebook.

pendiri facebook ; pemilik facebook ; pemilik facebook ; pendiri facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *