William Tanuwijaya, Pendiri Tokopedia

Profil Pemilik Tokopedia: William Tanuwijaya

Posted on
Profil pemilik Tokopedia, sekaligus pendiri Tokopedia, William Tanuwijaya.
Di Tokopedia Banyak? TO-KO-PE-DI-A… Yaa, itulah kalimat yang sering kita dengar pada iklan di Televisi. Iklan situs marketplace online mall ini juga mungkin sering anda lihat di situs-situs besar lain saat anda mencari suatu informasi di internet. Tokopedia kini telah sukses menjadi perusahaan pemimpin marketplace terbesar di Indonesia. Lalu siapa orang dibalik kesuksesan Tokopedia? siapa founder Tokopedia?
Sebelum membahas lebih jauh mengenai siapa CEO Tokopedia atau pemilik Tokopedia, mari terlebih dulu kita bahas mengenai apa itu Tokopedia.

Apa itu Tokopedia ?

Tokopedia adalah situs marketplace terpercaya yang mempertemukan antara penjual dan pembeli untuk bertransaksi online. Layaknya online mall, penjual bisa membuka lapak toko online nya sendiri untuk memajang produk jualannya, dan pembeli dapat mencari dan membeli produk yang mereka inginkan.
Diawal perilisan, saat banyak Startup dengan konsep serupa didirikan, Tokopedia pun awalnya mengalami banyak permasalahan, baik soal kekurangan pendanaan dan pegawai, sulitnya mencari mitra penjual, hingga sedikitnya konversi penjualan. Namun berkat kerja keras dan konsistensi, satu per satu masalah tersebut pun dapat teratasi.
Salah satu kunci kesuksesan Tokopedia yakni memberlakukan kebijakan tanpa potongan komisi untuk penjual. Mereka memilih untuk tidak memotong uang sepeserpun dari tiap transaksi yg terjadi di situsnya. Kini Tokopedia telah berhasil membangun komunitas penjual terpercaya. Hal inilah yg menjadikan bisnis Tokopedia terus tumbuh dan berkembang. Tercatat mereka kini telah memiliki volume transaksi mencapai lebih dari 3,2 juta produk dari ratusan ribu penjual setiap bulannya. Selain itu, Tokopedia kini berhasil dipandang sebagai mitra strategis bagi banyak bank dan perusahaan merchant.
Lalu siapakah orang yang berada dibalik kesuksesan Tokopedia? beliau ialah founder Tokopedia, William Tanuwijaya yang menjadi pemilik Tokopedia saat ini, beserta co founder Tokopedia Leontinus Alpha Edison yang turut berperan sebagai pendiri Tokopedia.

Profil William Tanuwijaya, Pemilik Tokopedia 

William lahir di Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara pada tanggal 18 November 1981. Ia bersekolah hingga SMA di kampung halamannya, setelah lulus SMA ia kemudian kuliah di Universitas Bina Nusantara (BINUS) Jakarta.

Semasa kuliah beliau rajin mencari pekerjaan sampingan untuk membiayai kuliahnya. Ketika masuk semester dua, bahkan ia bekerja sampingan di Warnet yang beroperasional mulai dari jam 9 malam sampai 9 pagi.

Setelah lulus kuliah, ia kemudian bekerja di sebuah perusahaan yang bergerak dibidang pengembangan software. Kemudian pada 2007, William bekerja di perusahaan situs forum jual beli, dimana ketika itu ia banyak menerima komplain pengguna mengenai transaksi penipuan.

Namun kelamaan, dia terbesit ide untuk mendirikan perusahaan internet sendiri. Dari sinilah, William melakukan riset tentang mengapa bisnis internet seakan-akan menjadi sarana kriminal bagi para pengguna yang tidak bertanggung jawab. Ia berfikir seharusnya internet bisa menjadi akses yang aman, sehingga akan sangat berguna untuk mempermudah aktivitas jual-beli online.

 

Ide Mendirikan, Hingga Menjadi Pendiri Tokopedia

Dari idenya tersebut kemudian dia mulai membangun perusahaannya sendiri. Ide William mengenai tokopedia datang ketika ia menjadi moderator dalam forum online Kafegaul yang memiliki fasilitas jual beli di dalam website nya, hingga ia kemudian mulai terinpirasi untuk menciptakan startup baru yang nantinya berfungsi sebagai marketplace yang aman dan terpercaya.

Pendiri Tokopedia ini kemudian mengajak temannya, Leontinus Edison untuk mendirikan Tokopedia sebuah startup jual beli online yang menghubungkan penjual dan pembeli diseluruh Indonesia dengan biaya gratis. William membutuhkan modal besar untuk mewujudkan idenya tersebut, ia kemudian berusaha untuk mencari suntikan dana segar untuk membangun startup nya tersebut melalui perusahaan ventura (pemodal).

Leontinus Alpha Edison, Pendiri Tokopedia
Co Founder Tokopedia, yang turut menjadi pendiri Tokopedia, Leontinus Alpha E.

Baca Juga: Leontinus Alpha Edison, Co-Founder Sekaligus Pendiri Tokopedia

William Tanuwijaya yang berperan sebagai CEO Tokopedia saat itu kemudian mendatangi satu persatu orang yang ia kenal dengan maksud menawarkan investasi, mulai dari bos di tempat kerjanya hingga relasi bosnya. Sebagai CEO Tokopedia, ia mempresentasikan Tokopedia sebagai situs marketplace atau mall online tempat bertemunya pembeli dan penjual, dimana penjual dapat memasarkan produknya.

Kisah Founder Tokopedia Mendirikan Marketplace

Pada tanggal 6 Februari 2009, Tokopedia resmi didirikan, dan resmi diluncurkan ke publik oleh pendiri Tokopedia, William pada tanggal 17 Agustus 2009 setelah mendapatkan suntikan dana dari Investor. Kemudian Tokopedia bahkan sukses mendapatkan penghargaan sebagai e-commerce terbaik di Indonesia dari Bubu Awards.

Kemudian Tokopedia terus mendapatkan pendanaan dari para investor, mulai dari East Ventures tahun 2010, CyberAgent Venture di tahun 2011, Beenos di tahun 2012 dan Softbank pada tahun 2013. Tokopedia terus berkembang, bahkan pada tahun 2014, pemilik Tokopedia sukses mendapatkan rekor investasi dana terbesar se-Asia tenggara yakni sebesar 100 Juta US Dollar atau atau sekitar Rp 1,2 triliun dari Softbank Internet dan Sequoia Capital.

Hebatnya, perlu diketahui bahwa Softbank Internet adalah perusahaan ventura yang juga mendanai Alibaba. Sedangkan Sequoia Capital pernah mendanai Google, Apple dan Instagram. Sehingga investasi ini menjadi prestasi dan membawa nama Tokopedia ke permukaan dunia.

Ekspektasi CEO Tokopedia

Setelah berhasil mendapatkan suntikan dana segar 100 Juta US Dollar dari SoftBank, ke depan William ingin fokus meningkatkan value Tokopedia. Ia berkeiginan untuk menambah jumlah pegawai serta membangun kantor sendiri.

Selanjutnya untuk mendukung peningkatan brand awareness, kini ia menunjuk artis muda Isyana Sarasvati (pengganti Chelsea Islan) untuk menjadi brand ambassador. Nantinya Isyana akan mengikuti berbagai kegiatan promosi serta CSR (Corporate Social Responsibility) Tokopedia, seperti roadshow dan edukasi kepada pengusaha UMKM. Selain itu Isyana juga telah tampil dalam iklan televisi Tokopedia.

Itulah sekilas kisah sukses CEO Tokopedia, WIlliam, yang kini merupakan pemilik Tokopedia.

One thought on “Profil Pemilik Tokopedia: William Tanuwijaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *