Startup

Mengenal Konsep & Produk Investasi Peer to Peer Lending di KoinWorks

Apakah Anda pernah memperoleh tawaran investasi di Peer to Peer Lending atau Fintech Lending? Kali ini Ehpedia akan membahas mengenai investasi Peer to Peer Lending di KoinWorks.com.

Bagaimana Konsep Peer to Peer Lending (P2P Lending)?

Peer to Peer Lending adalah produk investasi yang mempertemukan pada Pendana dengan Peminjam melalui website Peer to Peer Lending di internet.

Bila dulu kita cuma mengenal jalur konvensional dalam berinvestasi, kini melalui perkembangan internet memunculkan perubahan pada konsep ini.

Bila dahulu kita mesti bergelut dengan birokrasi yang merepotkan, saat ini dengan hadirnya internet dapat menghasilkan solusi untuk kedua belah pihak. Namun, satu hal yang paling mencolok dalam aktivitas pinjam-meminjamkan ini, yaitu apakah berinvestasi melalui P2P itu aman?

Aman, dikarenakan OJK sudah mengeluarkan regulasi bernomor 77/POJK. 01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi. Regulasi inilah yang mendukung pertumbuhan industri peer-to-peer (P2P) lending. Dimana OJK akan senantiasa mengawasi perkembangan peer to peer lending.

Berikut ini skema kerja investasi p2p lending di KoinWorks.

Konsep Peer to Peer Lending

Pada skema diatas, KoinWorks berada sebagai penengah yang menghubungkan antara peminjam dengan pemodal (investor).

Apa kewajiban dan hak investor? Investor berkewajiban untuk menentukan peminjam serta menyiapkan dana pinjaman. Dana yang didepositkan di KoinWorks nanti akan bertransformasi dalam bentuk Koin. Sebagai gantinya, investor berhak untuk memperoleh pengembalian modal beserta dengan keuntungan dari bunga mulai dari 18%.

Apa kewajiban dan hak peminjam? Peminjam berkewajiban untuk membuat kebutuhan modal pinjaman, dan juga menyediakan data yang diperlukan oleh KoinWorks. Bila pengajuan pinjaman disetujui, maka peminjam harus membayar kembali pinjaman pokok beserta bunganya. Hak yang didapat peminjam yaitu uang pinjaman sebagai modal yang diberikan oleh investor melalui KoinWorks.

Apa kewajiban dan hak KoinWorks? KoinWorks menyediakan website yang memfasilitasi antara peminjam dengan investor. KoinWorks juga wajib melakukan analisis resiko, menjalankan fungsi operasional, membuat aturan, menyeimbangkan antara permintaan pinjaman dengan ketersediaan modal. Sebagai haknya, KoinWorks berhak memperoleh interest rate spread (selisih bunga pinjaman dan bunga investasi) sebesar 1% sebagai keuntungannya.

3 Produk KoinWorks

KoinWorks mempunyai tiga produk utama untuk investasi. Tiga produk itu antara lain KoinBisnis, KoinPintar, dan KoinSehat.

Dalam KoinBisnis untuk Pendanaan Bisnis, KoinWorks mengharuskan supaya pinjaman yang diserahkan oleh pebisnis bisa diterima bila bisnisnya telah manfaatkan teknologi internet serta telah berjalan selama sekurang-kurangnya satu tahun, disertai dengan reputasi usaha yang baik.

Dalam KoinPintar untuk Pendanaan Pendidikan, peminjam nanti dapat menggunakan dana pinjaman untuk kepentingan pendidikan lewat kursus dengan jaminan akan pekerjaan serta memperoleh penghasilan. Dengan penghasilannya itulah peminjam dapat mencicil pinjamannya.

Dalam KoinSehat untuk Pendanaan Kesehatan, untuk menjamin dana investor, pasien yang sedang sakit kronis tak bisa mengatasnamakan dirinya sendiri untuk meminjam dana. Tetapi, pihak lain dapat mengatasnamakan dirinya untuk mengajukan pinjaman buat mendanai pasien yang sakit kronis.

KoinWorks menetapkan berbagai penilaian ketat untuk menjamin keamanan dana investor yang masuk lewat setiap produknya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top