nomer kartu kredit

Nomer Kartu Kredit Yang Perlu Anda Ketahui!

Posted on

Perkembangan teknologi mengantarkan kemudahan didalam kehidupan, termasuk juga sewaktu melakukan transaksi keuangan. Nyaris seluruh transaksi keuangan kini dapat dikerjakan secara online hingga aktivitas berbelanja serta keperluan yang lain dapat dikerjakan secara online oleh siapapun dan dimanapun.

Kemudahan bertransaksi online ini pasti diiringi dengan risiko yang lebih besar di dalamnya dibanding transaksi langsung. Terdapat beberapa celah yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku tindak kejahatan dalam menjalankan aksinya, termasuk juga lewat cara membobol fasilitas keuangan milik orang lain.

Kartu kredit jadi satu diantara fasilitas perbankan yang dapat dipakai untuk beragam transaksi online. Maka dari itu, begitu penting untuk selalu merahasiakan dan menjaga seluruh informasi yang berkaitan dengan kartu kredit yang Anda punya.

Kartu kredit memiiki 16 digit nomer kartu kredit yang dicetak timbul dibagian depan kartu serta inilah yang umumnya disebut nomer kartu kredit itu. Nomer kartu kredit ini terdiri dari kombinasi algoritma unik serta telah dienkripsi sedemikian rupa serta jadi identitas pembeda antara satu kartu dengan kartu yang lain.

Sehingga tak ada kartu kredit yang mempunyai nomor yang serupa. Hal ini tentu begitu penting untuk melindungi keamanan serta mencegah dari terjadinya tindakan pemalsuan atas penggunaan kartu kredit yang sudah di keluarkan oleh pihak perbankan.

Pada dasarnya, angka yang tercantum didalam kartu kredit ini juga akan berisi beragam informasi penting seperti identitas perusahaan maupun lembaga penerbit kartu kredit yang bersangkutan. Hal ini ditujukan untuk mempermudah identifikasi dan memperlancar seluruh proses transaksi keuangan yang dilakukan melalui kartu kredit itu.

Tidak hanya 16 digit nomer kartu kredit yang tercetak di bagian depan, setiap kartu juga dilengkapi dengan kode pengaman, yaitu Card Verification Value (CVV) atau Card Security Code (CSC). CVV ini terdiri dari 3 digit angka yang tercantum di bagian belakang kartu kredit serta umumnya bersebelehan dengan bagian panel tanda tangan.

Begitu penting untuk selalu merahasiakan CVV kartu kredit Anda. Sebab ketiga angka ini diperlukan sewaktu memverifikasi beragam transaksi online yang dilakukan melalui kartu kredit tersebut.

Dalam setiap transaksi yang ditunaikan dengan kartu kredit, pengguna akan diminta untuk menyebutkan 3 digit nomor CVV untuk menjadi bukti mengenai kepemilikan kartu. Hal ini akan mempermudah pihak bank untuk melakukan validasi atas transaksi yang tengah berlangsung di kartu kredit itu. Proses ini menjadi sangat penting demi menjaga pengamanan terhadap seluruh transaksi.

Dalam beberapa kasus, tindakan pembobolan kartu kredit terjadi secara online bukan dikarenakan kehilangan kartu fisiknya, melainkan karena pencurian data informasi kartu kredit. Sehingga begitu penting untuk menjaga seluruh informasi yang berkaitan dengan kartu kredit demi mencegah terjadinya tindakan kejahatan serta penyalahgunaan kartu kredit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *