Bisnis

Mengenal Pasar Saham Indonesia Saat Ini

pasar saham

Berbicara pasar saham mungkin hanya orang-orang tertentu saja yang mengerti makna tersebut, sebaga orang awam tidak begitu peduli dengan pasar modal atau pasar saham Indonesia saat ini, naik atau melemah di bursa efek memang bukan menjadi perhatian mereka bagi orag-orang yang tidak memiliki kepentingan, tapi sagat berpengaruh bagi masyarakat Indonesia, seperti harga baha pokok meningkat, dolar menguat dan rupiah melemah, masyarakat awam hanya perasakan hal itu saja. Tapi, sebagai orang yang paham akan pasar modal di Indonesia saat ini setidaknya mengikuti perkembangan yang sedang hangat, agar informasi tersebut tidak simpang siur dari berbagai pemberitaan.

Pasar saham merupakan perdagangan saham dari perusahaan yang dipegang secara umum dan instrumen finansial yang berhubungan, termasuk perdagangan, opsi saham, dan prakiraan indeks saham. Ada beberapa macam pasr saham di negara ekonomi maju, dengan pasar terbesar berada di negara Eropa, Amerika Serikat, Jepang dan Cina. Ada dua jenis perdagangan yang melibatkan saham atau uang, yaitu penjualan pendek (short selling) dan pembelian batas.

  • Penjualan pendek atau short selling seseorang yang menjual sahamnya mereka sendiri, berharap harga akan jatuh dan mereka pada akhirnya harus membeli saham tersebut. Orang yang meminjam saham orang lain, kemudian menjualnya dan berharap harganya turun, sehingga ia akan membelinya dengan harga yang cukup murah untuk dikembalikan pada pemiliknya.
  • Pembelian terbatas, seseorang yang akan meminjam uang untuk membeli saham yang berharap saham tersebut naik harganya.

Pasar modal memang memiliki peran penting dalam perekonomian negara, karena pasar modal tersebut menjalankan 2 fungsinya, yang pertama yaitu sebagai sarana bagi pendanaan bagi usaha atau sebagai sarana bagi perusahaan untuk mendapatkan sebuah dana dari para investor. Yang kedua, pasar modal itu merupakan sarana bagi masyarakat untuk meninvestasikan sahamnya pada instument keuangan, seperti obligasi, saham, reksadana dan lain-lain. Sehingga, masyarakat dapat menempatkan dananya sesuai dengan karakteristik maupun keuntungan serta resiko masing-masing instrumentnya.

Sudah siapkan Anda berinvestasi di pasar saham Indonesia? Segera investasikan saham Anda agar semakin hari semakin bertambah dan jangan lupa baca berita bisnis terbaru hari ini untuk membantu anda berinvestasi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top