alergi

Mengenal Alergi dan Apa Saja Sebenarnya Penyebabnya

Posted on

Mungkin sebagian dari Kita memiliki jenis kulit sensitif yang jika terkena sesuatu dapat menyebabkan kulit terasa gatal dengan ditandai munculnya bercak kemerah-merahan pada permukaan kulit. Hal inilah yang oleh para ahli kesehatan disebut dengan gejala alergi. Namun tahukah Anda jika gejala ini dibiarkan dan terjadi secara terus menerus dapat mengakibatkan hal yang fatal bagi para penderitanya. Oleh karena itu bagi orang yang mengalami gejala tersebut, mengenal alergi dan penyebab terjadinya alergi merupakan hal yang wajib untuk dilakukan, agar orang tersebut dapat menjaga dan membatasi diri secara langsung dengan penyebab-penyebab terjadinya gejala alergi.

Munculnya gejala alergi, pada umumnya disebabkan oleh adanya allergen. Allergen sendiri adalah sebuah unsur asing yang tidak dikenal oleh sistem kekebalan tubuh manusia. Sehingga ketika allergen ini masuk kedalam tubuh manusia, maka sistem kekebalan tubuh akan memberikan reaksi yang biasa disebut dengan gejala alergi. Gejala alergi pada umumnya ditandai dengan ruam-ruam atau bintik kemerahan pada kulit tubuh manusia, namun untuk beberapa kasus gejala atau reaksi alergi juga dapat mengakibatkan sesak nafas pada manusia.

Berikut ini beberapa pemicu terjadinya alergi dalam kulit tubuh manusia, yang antara lain adalah:

  • Memakai produk kosmetik yang mengandung zat-zat kimia tertentu yang biasanya menyebabkan reaksi alergi pada tubuh manusia.
  • Memakai perhiasan dan aksesoris yang berbahan utama logam.
  • Memakai obat-obatan yang dioleskan pada kulit seperti krim ataupun salep.
  • Mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti antibiotik dan lain sebagainya.
  • Mengkonsumsi makanan hasil laut.
  • Bersentuhan secara langsung dengan bulu-bulu hewan.
  • Memakai sesuatu yang berbahan lateks seperti kaos tangan dan peralatan lainnya.

Bagi Anda yang mengalami gejala alergi, seperti ruam atau bintik merah pada kulit, setelah beraktivitas dan menyentuh secara langsung pemicu alergi seperti diatas, maka dapat disimpulkan bahwa alergi yang terjadi pada diri Kita disebabkan oleh hal tersebut. Mengenal pemahaman alergi dan penyebabnya seperti yang telah dilakukan diatas, akan dapat mencegah diri Kita untuk secara langsung bersentuhan dengan allergen atau yang lebih dikenal dengan penyebab alergi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *