Leontinus Alpha Edison
Leontinus Alpha Edison

Leontinus Alpha Edison, Co-Founder Sekaligus Pendiri Tokopedia

Posted on

Leontinus Alpha Edison adalah seorang entrepreneur yang merupakan pendiri Tokopedia.

Anda tentu sudah mengetahui Tokopedia kan? Suatu marketplace terbesar di Indonesia. Di balik keberhasilan Tokopedia, tentunya ada beberapa sosok penting. Nah, salah satu diantaranya ada sosok Leontinus Alpha Edison, sang pendiri Tokopedia, yang saat ini menjabat sebagai CTO Tokopedia.

Bermula dari keinginannya untuk membangun Indonesia dengan kemampuan yang dia miliki, lalu mulailah ia membuat startup. Tidak hanya itu diakuinya pula ia memperoleh inspirasi dari marketplace yang sudah mampu berkembang bukan cuma di negara asalnya, namun juga dimanfaatkan oleh masyarakat di negara lainnya.

Membangun Tokopedia bukanlah hal yang gampang, diakuinya ada banyak hal dan kendala yang harus ia hadapi, dari mulai tingkat keamanan sampai menemukan serta membentuk tim. Tetapi seluruh kendala tersebut ia hadapi dengan ketekunan, sehingga berbagai persoalan-persoalan itu bisa teratasi.

 

Sosok Inspiratif Dibalik Kesuksesan Tokopedia, Leontinus Alpha Edison

Bersama dengan seorang sahabatnya yang juga merupakan pendiri Tokopedia, William Tanuwijaya, pria kelahiran 19 Maret 1981 ini sukses mendirikan Tokopedia yang diresmikan pada tahun 2009. Dalam tahap membangun bisnis, pasti ada rintangan dan tantangannya. Termasuk juga, apa yang dihadapi oleh Leontinus.

Baca juga: Profil Pemilik Tokopedia: William Tanuwijaya

Pria asal Pontianak ini sempat bingung terkait pencarian bentuk Tokopedia itu sendiri. Bahkan, saat sebelum mendirikan Tokopedia, mereka berdua pernah membuat jenis usaha di sektor mobile content. Tapi, dikarenakan peluangnya di rasa kecil, maka mereka memiliih berhenti pada lini bisnis ini.

Sesudah tidak berhasil di sektor mobile content, mereka berdua juga sempat berencana untuk membuat startup dengan konten musik serta game di dalamnya. Tapi, tidak jadi dikarenakan isu pembajakan yang semakin sulit untuk dilawan serta hal ini jadi ancaman untuk startup mereka ke depan jika tetap melanjutkannya.

Sampai pada akhirnya tercetuslah ide untuk membangun Tokopedia, dengan melihat segala peluang yang potensial, mereka pada akhirnya total membangun Tokopedia. Walau pada awalnya menjumpai masalah dalam soal pendanaan, hingga belum terbiasanya orang-orang Indonesia dengan sistem transaksi di marketplace, bahkan kesulitan mencari partner serta pegawai, tapi mereka suskes membangun Tokopedia hingga besar seperti sekarang ini.

Nah, itulah sepintas kisah berdirinya Tokopedia, di mana Leontinus Alpha Edison jadi salah satu diantara tokoh kunci kesuksesan situs marketplace terbesar di Indonesia saat ini. Mudah-mudahan kisah inspiratif ini memberikan inspirasi untuk anda semua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *