Ruangan Meeting U-shape

Konsep Ruangan Meeting yang Patut Dicoba

Posted on

Umumnya, ruang rapat / meeting di Indonesia dibuat dengan model desain u-shaped, apa itu u-shaped? Sesuai namanya, U-shape merupakan ruang meeting yang memiliki pola bangku dan kursi yang disusun membentuk seperti huruf U. Pola U-shaped ini biasanya digunakan untuk meeting medium yang mana memiliki kapasitas hingga 20 orang, dan tentunya hal tersebut dapat memudahkan sang pembicara untuk berinteraksi dan juga berkomunikasi mengenai topik / masalah yang harus dibahas kepada setiap peserta yang ada. Tak hanya itu, bentuk kursi rapat U-Shape juga akan mempermudah setiap peserta untuk saling berinteraksi satu dan yang lainnya, karena bentuknya sengaja dibuat dengan konsep terbuka dan untuk memudahkan setiap partisipan meeting untuk berkontribusi. Selain dapat mempermudah para partisipan untuk saling berkontribusi dan berkomunikasi

Konsep U-Shape yang digunakan pada ruangan meeting ini memang dipercaya dapat meningkatkan interaksi setiap peserta satu sama lain dan juga para peserta rapat akan lebih terfokus kepada satu pembicara yang bisa melihat ke setiap penjuru, hal itulah yang membuat setiap partisipan tetap berusaha untuk fokus saat menjalankan rapat. Fungsi lain dari kursi rapat berbentuk u-shaped selain dapat meningkatkan konsentrasi peserta pada saat menjalani rapat, yaitu meja dan kursi rapat yang memang sengaja didesain bersebelahan dan bersebrangan, model U-shape ini juga lebih mengedepankan konsep kekeluargaaan yang memberikan kesan hangat. Jadi, tak heran jika konsep seating seperti ini pada saat meeting sangat disukai oleh rapat perusahaan atau tim-tim medium.

Dengan banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh model U-shaped pada ruangan rapat, namun sayangnya tidak semua ruangan meeting dapat didesain menjadi U-Shape. Tak lain, hal ini karena keterbatasan space. Untuk membuat desain kursi meeting dengan konsep U-shaped memang sudah pasti membutuhkan ruangan atau space yang cukup besar. Sehingga, tak jarang perusahaan yang menggunakan konsep lainnya dalam mengatur ruang meeting sesuai dengan space yang ada jika memang bentuk desain U-shaped tidak dapat diterapkan. Namun, kembali lagi, kualitas dari suatu rapat tidak disebabkan hanya karena bentuk ruangan rapat,  akan tetapi juga dipengaruhi oleh setiap individu yang berpartisipasi dalam rapat tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *