tugu jogja
Photo: eksotisjogja.com

Ini Dia Alasan Mengapa Kamu Harus Berlibur Di Wilayah Indonesia Saja Dibanding Ke Luar Negeri

Posted on

Indonesia merupakan salah satu Negara yang juga memiliki banyak tempat wisata, bahkan ada beberapa tempat wisatanya yang sudah mendunia dan menjadi tempat wisata favorit yang banyak dikunjungi turis mancanegara. Meski begitu, sebagian besar masyarakat Indonesia masih saja lebih senang berlibur ke luar negeri tentunya dengan alasan pribadi mereka mulai dari gengsi atau untuk mencari suasana baru. Padahal memilih destinasi wisata Indonesia ketika berlibur tentunya memiliki segudang kelebihan dibandingkan dengan luar negeri, mulai dari mudahnya ketika cari hotel promo sampai dengan kulinernya yang lebih sesuai dengan lidah orang Indonesia. Berikut ini ada berbagai alasan mengapa orang Indonesia lebih baik berlibur di Indonesia saja, seperti:

  • Banyak tempat wisata menarik yang tidak kalah keren

Jika beralasan memilih liburan ke luar negeri karena di luar negeri banyak tempat wisata yang keren, sebenarnya Indonesia juga memiliki beragam tempat wisata yang super keren dan super lengkap dibandingkan dengan yang ada di luar negeri. Indonesia merupakan Negara yang terkenal dengan jumlah wilayahnya yang besar, di setiap wilayah yang ada tentunya ada berbagai tempat yang menyajikan destinasi wisata menarik di dalamnya mulai dari destinasi wisata alam, tempat hiburan, destinasi wisata sejarah, destinasi wisata budaya, dan masih banyak lagi berbagai jenis destinasi wisata lainnya.

Bahkan Indonesia memiliki beragam destinasi wisata keren yang sering menjadi langganan wisatawan asing, mulai dari Bali, kepulauan Raja Ampat, Lombok, dan masih banyak lagi tempat lainnya. Selain itu juga ada berbagai destinasi wisata unik yang menawarkan berbagai keindahan alam seperti di Lembang Bandung, ada banyak hotel di Lembang Bandung yang bisa dijadikan tempat menginap saat ingin menikmati berbagai destinasi wisata yang ada.

  • Tidak perlu visa atau passport

Jika berlibur ke luar negeri memerlukan Visa atau passport yang cara pengurusannya terbilang susah dan ribet, namun jika memilih liburan di Indonesia tentu mengurus Visa tidak diperlukan lagi. Terlebih jika destinasi wisata yang ingin dikunjungi dekat dengan tempat tinggal, bisa juga menggunakan jalur transportasi darat saja yang tentunya biaya yang dikeluarkan akan lebih murah.

Seperti jika ingin menginap di hotel di Lembang Bandung dan menikmati berbagai destinasi wisata di sana, tentunya menggunakan jalur transportasi darat seperti kereta atau bis akan lebih menghemat biaya dibanding jika menggunakan pesawat.

  • Ada banyak pilihan moda transportasi yang digunakan

Mau naik peswat ok, mau naik bis atau kereta juga ok, mau naik kapal laut juga ok, ada banyak pilihan moda transportasi yang bisa digunakan jika memilih liburan di wilayah Indonesia, tegantung dari jarak lokasi wisata yang ingin dikunjungi. Jika ingin lebih nyaman saat berlibur tentunya moda transportasi udara akan lebih nyaman digunakan saat berpergian ke luar kota, karena hampir di seluruh Indonesia saat ini ada bandara yang bisa digunakan. Namun jika ingin lebih berhemat saat berlibur, tentunya menggunakan alat trasnportasi darat seperti kereta atau bisa akan lebih murah biayanya.

Bandingkan jika berpergian ke luar negeri, tentu moda transportasi utama yang digunakan pasti pesawat sebab letaknya yang jauh dan memerlukan waktu yang begitu lama untuk sampai ke tempat tujuan. Selain itu, biaya yang dikeluarkan juga akan lebih besar untuk pembelian tiket.

  • Biaya hidup lebih terjamin

Berlibur ke luar negeri tentunya memerlukan biaya yang besar, karena di luar negeri mata uang yang digunakan adalah dolar. Namun jika memilih menginap di hotel di Lembang Bandung dan menikmati berbagai destinasi wisata disana misalnya, tentunya biaya yang dikeluarkan untuk berlibur tidak akan terlalu besar terlebih kota Bandung memang terkenal dengan biaya hidup yang lebih murah dibandingkan kota Jakarta.

Selain itu, masalah kuliner juga dapat teratasi terutama bagi traveler yang tidak suka menu makanan barat seperti pizza, rot, pasta, dan lainnya, karena banyak restoran yang menyajikan menu makanan lokal dan khas daerah tersebut yang lebih sesuai dengan lidah orang Indonesia.

  • Masyarakatnya yang ramah tamah

Ada banyak alasan mengapa turis luar negeri senang berkunjung ke Indonesia, bukan hanya karena banyak destinasi wisatanya yang telah mendunia, keragam budayanya, namun juga karena masyarakat Indonesia terkenal dengan keramahtamahannya terhadap tamu. Jika berlibur ke luar negeri tentu kondisi ini tidak bisa ditemukan, terlebih karena kebudayaannya yang berbeda dan orang luar negeri biasanya terkenal dengan sikap acuh tak acuhnya.

Selain berbagai alasan di atas, tentunya masing-masing orang memiliki alasan tersendiri mengapa lebih senang berlibur di Indonesia. Namun tentunya hal ini kembali kepada selera masing-masing, entah lebih senang berlibur di luar negeri atau di Indonesia saja saat musim liburan tiba. Saat berlibur di wilayah mana saja di Indonesia, jangan lupa juga untuk cari hotel promo agar biaya perjalanan semakin hemat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *