Harga Bitcoin

Harga Bitcoin Indonesia

Posted on

Cara Menentukan Harga Bitcoin

Berikut ini adalah ulasan tentang bagaimana harga Bitcoin Indonesia ditentukan.

Analogi penentuan harga Bitcoin

Pertama, ketahuilah kalau pergerakan harga BTC itu sama seperti mata uang atau obyek yang lain. Contohnya sebagai obyeknya yaitu apel, bagaimana harga apel ditentukan. Berapakah harga apel?

Jawabannya tergantung. Harga apel akan dipengaruhi oleh 2 faktor, yaitu harga yang diinginkan oleh penjual, serta harga yang diinginkan oleh pembelinya. Bila Andi mau jual apel seharga Rp 6.000,-, namun Sinta cuma mau membayar sebesar Rp 4.000,- maka kesepakatan harga tentu tidak akan terjadi. Tetapi bila Budi dan Sarah setuju dengan suatu harga, umpamanya Rp 5.000,-, maka kesepakatan akan terjadi serta transaksi akan berlanjut.

Tidak hanya itu, lingkungan pasar akan juga mempengaruhi penentuan harga apel. Di musim panas, akan semakin banyak orang yang ingin beli apel, hingga harga apel bakal naik. Atau bila ada bencana alam yang membuat stok apel menyusut, maka akan semakin banyak orang-orang kesulitan ketika ingin beli apel, hingga harga apel akan menjadi naik.

Perbedaan harga apel dengan harga BTC

Harga BTC sesungguhnya ditentukan sama seperti harga apel. Harga penawaran serta harga permintaanlah yang akan menentukan harganya. Tetapi, ada perbedaan sedikit. Bitcoin dan mata uang lainnya agak berbeda dari apel dikarenakan mereka punya sifat ‘homogen’. 1 USD akan sama dengan dollar yang lain, satu Bitcoin akan sama dengan Bitcoin yang lain.

Apel bisa berbeda-beda tergantung ukuran serta kualitasnya, hingga harga apel juga akan berbeda sesuai ukuran serta kualitasnya. Jadi sesungguhnya, lebih mudah menentukan kurs bitcoin dikarenakan sifat identik yang dimiliki uang itu sendiri.

Faktor-faktor yang mempengaruhi harga Bitcoin

Volume Dan Persebaran

Volume Bitcoin masih terbilang sedikit bila dibandingkan dengan aset lain seperti emas atau mata uang Dolar AS. Per kuartal IV tahun 2015, keseluruhan Bitcoin yang beredar di seluruh dunia hanya berjumlah sekitar 14 juta. Angka ini tentu jauh lebih kecil ketimbang jumlah mata uang Dolar AS yang mencapai $ 1.3 triliun. Dan volume inilah yang menjadi faktor terbesar dalam mengubah harga BTC di seluruh dunia.

Bila pada suatu waktu terjadi transaksi pembelian Bitcoin secara besar-besaran, maka nilai Bitcoin akan naik tajam, demikian juga sebaliknya.

 

Spekulasi Trader

Perlu diketahui bahwa jumlah pengguna Bitcoin yang menjadikannya aset trading lebih banyak daripada jumlah pengguna yang betul-betul memakainya menjadi alat tukar pengganti mata uang konvensional.

Dikarenakan tujuan trader yaitu untuk meraih keuntungan dari selisih fluktuasi harga BTC, jadi mereka selalu merespon suatu isu global dengan cepat untuk memprediksi harga BTC selanjutnya. Dan aktivitas trading berdasarkan isu global ini jelas akan mempengaruhi volatilitas Bitcoin.

Isu seperti penolakan Pemerintah suatu negara untuk melegalkan Bitcoin dapat berdampak negatif terhadap perilaku pasar, dimana para trader meresponnya dengan menjual aset Bitcoinnya. Demikian sebaliknya, berita positif seperti bertambahnya daftar merchant seperti Amazon yang menerima pembayaran Bitcoin, dapat direspon dengan pembelian BTC secara besar-besaran oleh para trader.

Harga Bitcoin di Indonesia

Di Indonesia sendiri harga Bitcoin yang dimaksud disini adalah harga yang dimiliki oleh situs VIP Bitcoin, situs bitcoin marketplace asli Indonesia. Harga Bitcoin disini pada dasarnya mengikuti harga yang berlaku di pasar Bitcoin global. Hanya saja terkadang marketplace bisa sangat lambat dalam mengikuti pergerakan harga Bitcoin global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *