Cara Daftar Website di Google Search Engine

Posted on
Daftar Website di Google – Setelah kita membuat sebuah website atau blog baru, maka hal pertama yang terlintas dalam pikiran kita adalah bagaimana cara supaya website kita dapat dikenali atau di index oleh mesin pencari seperti Google. 

Daftar website di Google !

Layaknya seorang artis yang bertujuan ingin terkenal dan mendapatkan banyak job, maka sudah tentu ia harus mendaftarkan diri ke manajemen artis terlebih dahulu. Karena dalam proses casting pemeran sutradara lebih memilih melibatkan manajemen agar lebih efesien kerjanya, daripada harus melakukan penjaringan sendiri per individu.
 
Nah hal itu juga berlaku untuk sebuah website atau blog dalam menjaring pengunjung. Karena kebanyakan pengguna internet lebih memilih menggunakan mesin pencari seperti google ketika sedang mencari informasi, dibandingkan menggunakan adresss bar dan mengetikan website nya.
 
Pada tahun 2011 Wall Street Journal merilis temuan bahwa Google dikunjungi sebanyak 1 miliar orang setiap bulannya. Angka yang fantastis dan sayang sekali jika tidak kita manfaatkan bukan?

Bagaimana cara memasukan website ke google?

Lalu bagaimana cara supaya website bisa masuk di halaman hasil penelusuran Google? Artinya bila kita mengetik kata kunci pada google maka website kita sudah terindex dan tampil di halaman google penelusuran. Jawabannya yaitu dengan cara mendaftarkan website ke Google melalui fitur submit url yang disediakan oleh Google Webmaster Tools.
 
Fitur submit url ini sengaja disediakan oleh Google Webmastertools untuk membantu para blogger yang ingin daftar website di google dan mau mempercepat proses index atau crawl yang dilakukan oleh robot-robot algorima. Karena setelah website di submit maka algoritma google akan langsung bergegas mampir dan memantau apa yang ada didalamnya.

Cara mendaftarkan website ke google

Berikut ini adalah cara memasukkan website ke google yang perlu anda praktekkan supaya website Anda bisa terindeks dengan cepat.

1. Login dahulu ke akun Google atau Gmail anda

2. Kemudian kunjungi : https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url

3. Akan muncul halaman submit url. Silahkan masukkan url website anda dan tuliskan kode capctha yang tampil

Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Search Engine

4. Kemudian klik kirim permintaan dan selesai

Kemudian tunggu proses indeks dalam waktu maksimal 24 jam, maka hasilnya akan seperti ini.

Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Search Engine


Oh ya hal ini fitur submit url milik Google Webmaster Tools ini tidak hanya digunakan untuk url website, melainkan juga bisa untuk url postingan atau sebuah halaman. 

Hal ini sangat berguna untuk website yang bersifat up-to-date seperti niche berita, karena artikel harus segera dirilis dan dibaca pengunjung agar tidak basi, misalnya berita prediksi pertandingan sepak bola atau berita politik. 

One thought on “Cara Daftar Website di Google Search Engine

  1. tergantung kalau ingin postingan cepat diindex ya lakukan submit postingan selalu, jika blog membahas berita terkini yang artikelnya akan basi jika membacanya besok, maka submit setiap postingan selalu.

    sebenarnya nanti postingan akan otomatis diindex google selalu meski tanpa kita mensubmit nya di webmaster tools. Namun postingan membutuhkan waktu beberapa hari untuk di-index search engine secara otomatis, bahkan bagi blog baru dengan traffic rendah mungkin bisa 1 minggu di index nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *