Cek Tarif Pengiriman Barang
Cek Tarif Pengiriman Barang

Cek Tarif Pengiriman Barang Dengan Mudah

Posted on

Cek tarif pengiriman barang selalu dilakukan setiap orang yang hendak mengirimkan barang atau membeli produk dari online shop. Sebab, besarnya ongkos kirim dalam sebuah transaksi online biasanya selalu menjadi persoalan, terutama bila barang yang dikirim jumlahnya banyak atau bobotnya tinggi.

Supaya mendapatkan harga murah ketika cek tarif pengiriman, Anda perlu membandingkan ongkos kirim yang ditetapkan oleh berbagai jasa ekspedisi. Selain itu, perhatikan cara packing paket kiriman. Biasanya untuk paket yang berjumlah sedikit dan ukurannya lebih kecil bisa dibungkus jadi satu. Tapi, untuk paket yang banyak dan lebih besar harus menggunakan trik-trik tertentu, tapi tetap legal.

Hal itu bisa mengurangi bobot kiriman satu hingga dua kilogram. Cara lain supaya lebih hemat dan cepat, Anda bisa memilih kantor cabang setempat dan melakukan negoisasi mengenai tarif atau bobot timbangan paket.

Berbagai kemungkinan mengenai besarnya tarif biaya pengiriman serta cepatnya kiriman tersebut sampai bisa saja terjadi, tergantung situasi, kondisi, serta aturan yang ditetapkan oleh jasa pengiriman terkait.

Cara Menghitung Ongkos Kirim

Ada dua cara untuk menghitung tarif biaya pengiriman barang atau non dokumen, tergantung berat serta besarnya ukuran paket tersebut. Jika paket berukuran kecil, namun berat maka dikenai tarif kilo. Tapi, bila paket besar, namun ringan akan dikenai tarif volume atau tergantung ketentuan jasa ekspedisi tersebut. Berikut rinciannya:

  1. Tarif kilogram. Biasanya paket diukur atau ditimbang bobotnya, kemudian dikalikan dengan tarif sesuai tujuan pengiriman.
  2. Tarif volume. Paket diukur menggunakan meteran untuk mengetahui besar volume dan dikonversi menjadi kilogram, lalu dikalikan dengan tarif sesuai tujuan pengiriman. Volume paket dihitung dengan cara mengalikan panjang, lebar dan tingginya dibagi 6.000 dikali tarif per kilogram sesuai tujuan pengiriman dan layanan yang diminta.

Berkembangnya e-commerce di Indonesia memungkinkan para penjual dan pembeli semakin percaya untuk melakukan transaksi secara online. Kendalanya hanya lama pengiriman dan ongkos kirim yang terlalu besar ketika ingin cek resi atau cek tarif. Supaya tidak mengalaminya, pastikan Anda memiliki trik khusus ketika melakukan pembelian agar barang yang diterima cepat sampai dengan ongkos kirim lebih hemat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *