Cara Pasang Iklan di Postingan Blog

9 Cara Pasang Iklan di Postingan Blog

Posted on

Bagaimana Cara Pasang Iklan di Postingan Blog? Pertanyaan inilah yang sering diajukan oleh para publisher, termasuk publisher google adsense. Maka pada kesempatan ini saya akan coba berbagi mengenai cara pasang iklan di dalam posting blog, baik itu iklan Google adsense maupun PPC lainnya, termasuk PPC lokal.

Kenapa harus pasang iklan di postingan?

Sebab berdasarkan berbagai pengalaman banyak publisher, memasang posisi iklan di dalam postingan akan menghasilkan lebih banyak klik dibanding posisi lainnya. Iklan dalam postingan adalah posisi strategis selain di sidebar dan header.

Jadi jika anda belum memasang iklan di postingan, maka tidak ada salahnya anda bereksperimen memasang iklan di dalam postingan blog. Jika anda tertarik, silahkan anda pilih posisi iklan dimana diletakkan, dimana kebanyakan blogger biasanya menempatkan iklan pada :

  • iklan di bawah judul postingan
  • iklan ditengah postingan
  • iklan diakhir postingan

Disini saya akan bahas semuanya dalam satu halaman ini dengan pembahasan yang tentunya mudah anda pahami. Namun sebelumnya, pastikan dulu anda sudah mempunyai kode iklan. Soal ukuran iklan itu bebas, namun untuk iklan di postingan biasanya para publisher memasang iklan berukuran 336 x 280. Namun untuk anda publisher Google adsense, sebaiknya pilih saja jenis ukuran iklan AdSense yang responsive. Sebab dengan begitu ukuran iklan AdSense akan secara otomatis disesuaikan dengan tampilan layar pengunjung.

 

Baiklah langsung saja kita bahas ke-3 cara tersebut. Oh ya masing-masing ke-3 penempatan iklan didalam postingan ini juga memiliki 3 posisi berbeda, yakni iklan disebelah kiri menyatu dengan postingan, iklan di tengah, dan iklan disebelah kanan menyatu dengan postingan. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan pembahasan masing-masing cara penempatan posisi iklan dibawah ini.

Cara Pasang Iklan di Postingan Blog: Dibawah Judul Artikel

Baiklah yang pertama mari kita bahas cara memasang iklan di bawah judul artikel atau tepat diatas postingan. Nah, dalam penempatan posisi iklan dibawah judul artikel pun terbagi menjadi 3 cara, yakni (1) memasang iklan diawal postingan yang menyatu dalam artikel (sebelah kiri), (2) iklan ditengah artikel, (3) iklan disebelah kanan postingan yang menyatu dalam artikel .

Cara Pasang Iklan di Postingan Blog: Dibawah Judul Artikel

Untuk masing-masing penempatan iklan mempunyai kode yang berbeda. Namun pada dasarnya kode untuk memasang iklan dibawah judul artikel adalah seperti berikut :

<div style=”posisi iklan; batas margin;”>
KODE IKLAN
</div>

Silahkan terapkan kode tersebut pada template blog anda.

Selanjutnya jika posisi iklan ingin tampil disebelah kiri menyatu dalam postingan (1), maka ganti tulisan posisi iklan menjadi float: left. Namun jika iklan ingin tampil ditengah (2), maka ganti dengan kode text-align: center. Dan kalau iklan ingin tampil di sebelah kanan postigan (3), ubah kodenya menjadi float: right.

Untuk batas margin, silahkan sesuaikan dengan tampilan blog. Contoh penulisan margin bisa seperti ini : margin: 5px 15px 5px 0. Artinya yaitu batas margin atas 5px, kanan 15px, bawah, 5px dan kiri 0px.

Contoh: Jadi sebagai contoh, apabila kita ingin menempatkan iklan dibawah judul postingan yang posisinya di sebelah kiri menyatu dalam artikel, maka penerapan kodenya bisa seperti ini :

1. Login  ke Dashboard blogger anda > Tata Letak > Edit html.

2. Cari <data:post.body/>,  jika terdapat lebih dari satu kode maka pilih kode yang diapit oleh tag kondisional <b:if cond=’data:blog.pageType == &quot;item&quot;’>. Kemudian letakkan kode iklan anda tepat diatas <data:post.body/>. Misalkan kode iklan anda seperti ini :

<div style=”float: left; margin: 5px 15px 5px 0“>
KODE IKLAN
</div>
<data:post.body/>

Cara Pasang Iklan di Postingan Blog: Di Tengah Artikel

Selanjutnya berikut ini tutorial cara pasang iklan di tengah postingan artikel. Silahkan perhatikan gambar.

Cara Pasang Iklan di Postingan Blog: Di Tengah Artikel

Cara pasang iklan di tengah postingan inipun sama, dibagi menjadi 3 cara, yakni iklan ditengah postingan di sebelah kiri (1), tengah (2), dan kanan (3).

Berikut ini langkah-langkah memasang iklan di tengah postingan :

1. Masuklah ke Edit Template, cari <data:post.body/>.

2. Kemudian hapus dan ganti kode <data:post.body/>, dengan kode dibawah ini:

<div expr:id=’&quot;post1&quot; + data:post.id’/>
<div class=’googlepublisherads’ style=’margin:20px 0′>
<center>
<div style=’margin:10px auto’>
KODE IKLAN
</div>
</center>
</div>
<div expr:id=’&quot;post2&quot; + data:post.id’><data:post.body/></div>
<script type=’text/javascript’>
var obj0=document.getElementById(&quot;post1<data:post.id/>&quot;);
var obj1=document.getElementById(&quot;post2<data:post.id/>&quot;);
var s=obj1.innerHTML;
var t=s.substr(0,s.length/2);
var r=t.lastIndexOf(&quot;&lt;br&gt;&quot;);
if(r&gt;0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+4);}
</script>

Keterangan :

Kode berwarna biru <div style=’margin:10px auto’> adalah kode untuk posisi iklan. Untuk pemasangan posisi lainnya adalah sebagai berikut.

Iklan ditengah artikel menyatu di sebelah kiri artikel (1)

<div style=’float:left;margin:10px 10px 10px 0′>

Iklan percis di tengah-tengah artikel (2)

<div style=’margin:10px auto’>

Iklan ditengah artikel menyatu di sebelah kanan artikel (3)

<div style=’float:right;margin:10px 0 10px 10px’>

Silahkan pilih posisi iklan dan ganti kode berwarna biru.

Script diatas akan menempatkan iklan ditengah artikel, sehingga script akan menghitung seluruh karakter kata postingan lalu membaginya menjadi 2, kemudian menyisipkan iklan ditengahnya.

Cara Pasang Iklan di Postingan Blog: Dibawah Artikel

Cara memasang iklan di bawah artikel inipun memiliki 3 penemapatan posisi berbeda. Yaitu sebelah kir i(1), tengah (2), dan sebelah kanan (3). Coba lihat gambar dibawah ini.

Cara Pasang Iklan di Postingan Blog: Dibawah Artikel

Untuk memasang iklan dibawah artikel ini, penempatan kode iklannya hampir sama dengan cara pasang iklan dibawah judul postingan. Bedanya jika pada cara penempatan kode iklan diletakkan diatas kode <data:post.body/>, namun untuk cara pemasangan iklan dibawah artikel ini maka kode ditempatkan dibawah <data:post.body/> pada template blog.

5 thoughts on “9 Cara Pasang Iklan di Postingan Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *