Cara Agar Blog Mendapatkan Job Review

Posted on
Job review atau Paid Review adalah pekerjaan membuat ulasan / review mengenai produk, jasa atau website yang dibuat oleh blogger. Nantinya blogger akan menerima imbalan / bayaran dari perusahaan yang meminta jasa review tersbut.
Review sendiri sangat berguna bagi pihak pengiklan (advertiser), sebab review tersebut akan mendongkrak popularitas brand dan meningkatkan traffic ke situs mereka.
Cara Agar Blog Mendapatkan Tawaran Job Review
Sebagai blogger, tentu kita akan merasa bahagia jika memperoleh paid review, karena job review merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari blog / website. Tentu sangat menggiurkan jika kita mendapat tawaran paid review secara konsisten. Uang dari internet pun akan mengalir menjadi penghasilan tambahan kita.
Namun untuk diketahui bahwa mendapatkan itu cukup sulit. Pihak advertiser memiliki kriteria tertentu untuk memilih blog yg bisa digunakan jasa reviewnya, mereka mempertimbangkan apakah blog layak menerima job review atau tidak.
Dan kebanyakan tawaran review ditawarkan melalui email, pemilik blog akan diminta langsung oleh advertiser yakni pemilik produk. Atau terkadang melalui pihak ketiga (broker) yang biasa menangani pekerjaan ini.
Bagaimana blog bisa mendapatkan tawaran job review dan menjalin kerja sama dengan pihak advertiser. Berdasarkan pengalaman dan jawaban oleh blogger lain yang sering mendapat job review, berikut ini bagikan kriteria bagaimana cara agar blog mendapatkan job review :

Cara Mendapatkan Tawaran Job Review

Meningkatkan Page Views Blog
Ini wajib kamu penuhi bila ingin mendapat job paid review. Anda bisa mengoptimasi SEO, baik segi SEO onpage dengan mengoptimasi template dan dari segi SEO offpage yakni backlink berkualias. Nah, optimasi ini yg akan mendatangkan visitor melalui organic traffic pada mesin pencari. Dengan begitu, page view akan meningkat.
Menggunakan Domain TLD
Sebenarnya tidak harus menggunakan Top Level Domain (.com, .net, .org), namun kebanyakan pihak pengiklan (advertiser) lebih menyukai blog dengan domain TLD. Jadi jika anda masih masih menggunakan subdomain gratisan seperti blogspot dan wordpress, maka sebaiknya gunakan domain berbayar agar advertiser semakin percaya terhadap kualitas blog anda.
Mencari Backlink Berkualitas
Menanamkan backlink berkualitas bertujuan untuk meningkatkan Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA). Anda bisa meningkatkan DAn & PA dengan cara menanamkan berkomentar pada blog dgn topik sejenis (niche) atau menjadi penulis tamu blog orang lain. Kebanyakan blog baru bisa mendapatkan tawaran job paid review setelah keduanya mencapai diatas 20.
Membuat Laman Penawaran Job Review 
Laman / postingan job review adalah halaman yang berisi tentang penawaran blog anda untuk menerima jasa review, cantumkan harga dan kontak kemana advertiser bila tertarik ingin meggunakan jasa review kamu. Tambahkan juga informasi blog, seperti page rank, peringkat alexa, dsb.
Demikian tips untuk mendapatakan tawaran paid review di blog. Namun, tidak menutup kemungkinan blog tetap bisa mendapatkan job review meskipun tidak memenuhi kriteria diatas.
Tips diatas bisa mendekatkan blog pada tawaran job review. Namun dengan menerapkan 4 tips diatas, kemunginan blog akan mendapatkan job review menjadi lebih cepat. Apabila anda pernah mendapatkan job review, mari berbagi pengalaman pada kolom komentar.

14 thoughts on “Cara Agar Blog Mendapatkan Job Review

  1. selain tips tips di atas strategi saya untuk mendapatkan pengiklan job review maupun iklan content placement, saya menerapkan teknik mancing, maksudnya teknik memberi untuk di beri, misalnya saya membuat ulasan mengenai produk tertentu ataupun membuat ulasan website, blog ataupun toko online, memang sih gak di bayar, tapi dari situ punya nilai plus, seingga calon advertiser dapat melihat artikel mengenai ulasan di blog saya, apalagi kalau yang di ulas web yang cukup di kenal. jadi intinya dalam saya mencari uang lewat blog, artikel yang saya buat juga tidak semua artikel berbayar, kadang saya juga bayar penulis artikel untuk membuat ulasan, siapa tau setelah saya publish saya dapat fee meski awalnya ga ada penawaran (mencoba peruntungan gt) hhhehehhe

  2. oh gitu ya mas, saya sih belum pernah mengalami hal seperti itu, sebab memang saya belum pernah membuat content placement sendiri jika tidak ada yang memesannya. Tapi tips dari mas Rizky boleh juga saya terapin, contoh kasus pertama, review produk apa ya mas biar saya bisa langsung di hubungi advertiser? hehe

  3. Saya masih belum dapat paid review lagi. dapat produk dan servis free pernah la..bagus info ni untuk newbie macam saya..

  4. PA dan DA itu apa ya maas? cara ngeceknya gimana ya? newbie, ngeblog baru bbrp bulan yg lalu soalnya jadi blm tahu hehe

  5. Membuat laman khusu penawaran sepertinya perlu dicoba.

    saya punya pengalaman mendapat tawaran job review dari Perusahaan penyedia Hosting dengan bayaran $15, saya ingin meminta lebih dari $15 dollar akan tetapi mereka tidak menyetujuinya sebab DA dan PA blog saya masih rendah.

    jadi apa yang dikatakan pada poin diatas memang benar adanya.Tingkatkan DA dan PA blog / website kita sehingga kita bisa mengajukan penawaran lebih kepada pemberi Job Review.

    Tapi kok pembayarannya yang diajukan oleh pemberi job review harus menggunakan Akun Pay Pal ? Apakah biasanya begitu ?

    Potensi job review sepertinya besar karena banyak Perusahaan yang mau memasarkan produknya melalui sebuah blog / web dan tentunya biaya yang harus mereka keluarkan kecil kalau dibandingkan harus memasang iklan di TV ( misalnya ).

    dengan memasang ulasan di blog deng DA / PA tinggi sudah tentu akan membuat pamor produk sebuah perusahaan akan mudah dibaca dan dicari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *