Cara Jitu Agar Blog Tampil di Halaman Pertama Google

Posted on
Cara Mudah Agar Blog di Halaman Pertama Google – Semua blogger tentu menginginkan blog atau website miliknya meraih capaian puncak mesin penelusur Google, karena dengan begitu potensi pengunjung (traffic) menjadi sangat besar. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa potensi pengunjung paling besar pada blog / website yaitu berasal dari Unik Visitor (UV), yaitu pengunjung yang berasal dari mesin pencari seperti Google. Maka dengan tampilnya postingan blog di halaman pertama Google akan membuat blog atau website tersebut semakin ramai pengunjung .
Sudah kita ketahui seksama bahwa Google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan sehingga para blogger selalu berlomba-lomba membuat postingan terbaiknya dan membumbui postingannya dengan menerapkan triknya masing-masing, karena mereka tentu  tidak menginginkan bila postingan-postingan pada blog atau website nya sepi dan menggelinding jauh ke halaman belakang mesin penelusur si mbah.
Terdapat banyak perbedaan pendapat yang dikemukakan oleh para blogger untuk membuat postingan artikel bisa menempati Page One Google, hal ini dapat dikatakan wajar jika kita lihat dari subjektivitas bahwa setiap blogger memiliki trik dan pengalamannya masing-masing untuk membuat postingannya bernilai lebih di mata Google. 
Oleh karena itu saya tidak ingin ketinggalan dan pada kesempatan kali ini berikut saya juga akan berbagi ilmu dan pengalaman yang saya temui mengenai Tips Agar Blog Tampil di Halaman Pertama Google.
Cara Jitu Agar Blog Tampil di Halaman Pertama Google
1. Kualitas Konten
Konten merupakan salah satu bagian utama dari sebuah web atau blog, maka wajib bagi kita untuk mengoptimalkannya. Maka hal pertama yang harus anda lakukan yaitu mengoptimalkan kualitas konten. Ada beberapa faktor yang mendukung sebuah konten menjadi berkualitas, diantaranya yaitu judul postingan yang menarik, isi konten menggunakan kata yang baik & benar, dan yang terpenting yaitu konten harus asli (original) & tidak memiliki unsur- plagiaris (duplikat konten).
Ketiga hal tersebut merupakan hal yang paling mendasar dalam membuat konten yang berkualitas. Untuk mengecek apakah konten terbebas dari unsur plagiat silahkan cek di http://www.copyscape.com

2. Minimal Konten
Berkaiatan dengan video dari webmaster yang beredar mengenai cara membuat postingan blog tampil di halaman pertama Google yaitu dengan cara memperkaya konten buatan anda. Maksudnya dengan memperbanyak karakter / kata.
Kebanyakan pakar seo menyarankan minimal 600 karakter kata yang terdapat dalam postingan kalau anda ingin mencapai page one google, jika lebih banyak maka lebih bagus untuk kualitas konten.

Dan cara ini sudah saya terapkan dimana artikel-artikel saya yg memiliki karakter kata lebih dari 1000 berhasil mencapai halaman pertama google, tentunya tak hanya kaya karakter, melainkan memang menyajikan informasi yg bermanfaat.

3. Perhatikan Keyword
Membuat postingan sebaiknya jangan asal menulis saja dan cari keyword yang tepat jika anda mau mencapai page one google, karena robot-robot algoritma google memantau mesin penelusur berdasarkan keyword. Oleh karena itu tentukan keyword yang tepat, anda bisa melakukan riset keyword dahulu sebelum menulis postingan.
Setelah mendapatkan keyword yang tepat, lalu perhatikanlah jumlah keyword dalam konten. Para ahli seo menyatakan jika keyword density yang baik untuk sebuah postingan adalah maksimal 3,5% saja. Jadi jangan membuat intensitas keyword terlalu banyak didalam postingan, supaya tidak dianggap spam oleh Google. 
4. Daftarkan blog ke Google Webmaster Tools
Google Webmastertools adalah peralatan webmaster milik Google yang berguna untuk memantau kesehatan situs. Dengan mendaftarkan blog ke Google maka para robot algoritma Google akan lebih cepat mengcrawl atau mengindeks artikel di blog. Simak panduan cara mendaftarkan blog ke Google Webmastertools.
Sebenarnya tidak hanya Google, yahoo dan bing pun memiliki webmaster nya. Silahkan mendaftar juga disana dengan melihat panduan cara mendaftarkan blog ke Yahoo dan Bing Webmastertools.
5. Backling Untuk Postingan. 
Ini merupakan teknik seo offpage yang bisa menjadi penentu usaha anda, jika anda tidak memaksimalkan hal ini maka yakinlah postingan anda akan selalu terlempar ke halaman belakang. Saya pernah mendengar sebuah ungkapan yaitu Konten adalah Raja, Backlink adalah Ratu. Hal ini berlaku guna memenuhi kebutuhan seo pada suatu postingan, konten termasuk seo onpage sedangkan backlink adalah seo offpage. 
Analoginya seperti diibaratkan seorang manusia yang sehat jasmani dan rohani, kebutuhan rohani yakni beribadah layaknya kebutuhan seo onpage yakni konten berkualitas, dan kebutuhan jasmani yaitu olahraga layaknya kebutuhan seo offpage berupa backlink. Jadi blog tidak akan sukses jika meninggalkan optimasi lewat backlink meski telah membuat konten yang sangat seo sekalipun.
Anda bisa mendapatkan backlink secara cepat dengan cara mensubmit postingan artikel anda ke social bookmark, tentunya yang menganut dofollow. Anda juga bisa mendapat backlink nofollow dengan cara membagikan artikel ke jejaring sosial seperti google plus. Google plus ini milik Goole jadi sudah pasti di anak emaskan oleh para robot algoritma Google.

Artikel terkait : Daftar Social Bookmark Dofollow Indonesia

6. Merampingkan Alexa Rank
Merampingkan alexa rank merupakan tips jitu utk mendongkrak postingan-postingan artikel ke halaman pertama google. Alexa rank memberikan pengaruh yang sangat signifikan terhadap peringkat postingan-postingan suatu blog bagi search engine, karena menurut saya bahwa algoritma hummingbird Google memasukkan alexa rank ke dalam 200 resep faktor penilaian mesin penelusur.

Hal ini dikarenakan Alexa merupakan situs pemberi peringkat seluruh blog / web di internet yg begitu objektif dan memiliki reputasi terbaik. Sehingga bagi saya sangat penting untuk mengecilkan angka alexa pagerank.

Saya sendiri telah menerapkannya pada blog saya yg lain, dimana blog tersebut gagal mencapai halaman pertama google sebab saya kesampingkan optimasi alexa rank nya. Lain halnya dengan blog ini yg memiliki banyak artikel di page one dan memperoleh traffic stabil sebab dioptimasi alexa rank nya.

Umumnya blog yg berkualitas memiliki alexa rank di bawah 100 ribu. Jadi upayakan blog / website anda mempunyai alexa rank 100 ribu kebawah. Agar algoritma google memberlakukan blog anda layaknya blog / website besar lain yg mempunyai reputasi baik. Untuk tutorial mengecilkan angka alexa silahkan baca Cara Merampingkan Alexa Rank.

7. Hindari SPAM
Yang terakhir dan tak kalah penting yaitu hindari perilaku spam. Karena dengan spam maka postingan yang kita bangun susah payah akan dilempar jauh oleh google. Tentu anda tidak ingin hal itu terjadi kan?
Jadi upayakan secukupnya kebutuhan backlink blog anda agar tidak dianggap spam oleh Google. Jangan terlalu nafsu dan menggebu-gebu dalam memburu backlink, perlahan saja untuk mendapatkan hasil yang pasti.
Saya rasa cukup sekian yang bisa saya bagikan, beberapa metode yang sudah saya bahas diatas juga banyak saya temukan pada artikel di blog lain, namun disini saya membumbui artikel ini berdasarkan pengalaman saya selama ini. Beberapa tips diatas terlihat sulit jika belum diterapkan langsung, maka dari itu cobalah terapkan sekarang agar menjadi mudah dan supaya blog anda bisa tampil di halaman pertama Google.

14 thoughts on “Cara Jitu Agar Blog Tampil di Halaman Pertama Google

  1. Iklankan website anda di google, supaya ratingnya tinggi, ini sih menurut pengertian saya jika kita pasang iklan kita di Google Adwords maka website kita muncul di halaman pertama pencarian google dengan kata kunci yang relevan. Silahkan bagi yang mau pasang iklan di adwords melalui saya dapat deposit Rp200.000 untuk pengisian saldo deposit Rp400.000 jadi total yang anda dapatkan Rp600.000 sini : www IklanOlehGoogle com maaf yah jadi promo tapi sengaja saya taruh link mati.
    Tersedia juga jual akun google adsense sudah approve www JasaAdSenseDomain blogspotcom. Tq

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *