faris yuli

Biografi Faris Yuli, CEO E-Commerce Terbesar di Indonesia Yang Mengawali Karir Sebagai Pebisnis Online Sukses

Posted on

Di era teknologi modern saat ini, terjadi tranformasi dalam berbagai aspek kehidupan, temasuk dalam hal membeli barang-barang kebutuhan. Kini, orang-orang sudah bisa berbelanja online untuk mencari kebutuhannya. Peluang bisnis inilah yang dilihat oleh Faris Yuli, pengusaha muda sukses yang memanfaatkan internet untuk mendulang rezeki.

Dari usahanya sebagai pebisnis online, kini dirinya mampu menjadi pengusaha sukses di Indonesia.

Siapa sih Faris Yuli? Apa prestasinya? Mari kita baca biografi singkatnya dalam artikel berikut ini.

Masa Kecil Faris Yuli

Faris Yuli dilahirkan di Magelang, Jawa Tengah, saat ini ia berusia 27 tahun.  Ia berasal dari kalangan keluarga biasa-biasa saja. Naas baginya, sejak SMA ia sudah menjadi anak yatim, sang Ayah telah meninggal dunia.

Faris kemudian tinggal bersama kakaknya yang memboyongnya ke Jakarta. Praktislah Faris harus benar-benar berjuang untuk hidupnya.

Awal Faris Mengenal Bisnis Online

Kesehariannya, Faris membantu usaha kakaknya dalam menjalankan program bimbingan belajar yang didirikan khusus untuk para pelajar sekolah menengah keatas yang ingin menjalani Ujian Nasional dan mengikuti seleksi masuk ke perguruan tinggi negeri.

Dari hasil membantu usaha bimbel kakaknya itu, dia pun mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan di salah satu perguruan tinggi swasta di Kota Bekasi. Dia juga sempat dipilih oleh teman-temannya menjadi Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di kampusnya berkat kepemimpinannya yang baik.

Disinilah hidupnya mulai berubah. Bertemu dengan Rexi, Syamsul dan Willy, mereka bersepakat untuk membangun sebuah bisnis online. Rexi yang mempunyai kemampuan di dunia blogging dan SEO, mengajak ketiga temannya tersebut untuk membangun sebuah blog berbahasa Inggris di awal karirnya. Beruntung Faris yang pernah mengajar bimbel mampu menulis dalam Bahasa Inggris, sehingga terciptalah tim yang solid.

Setamat kuliah, sayangnya Faris direktut di sebuah agensi periklanan digital ternama di Jakarta. Intensitas pertemuan mereka di tim menjadi berkurang karena Syamsul dan Willy pun memilih untuk melanjutkan karir organisasinya. Sementara Rexi masih melanjutkan membangun bisnis online dan sibuk membangun blognya.

Membangun Bisnis Online Kembali

Kemudian di suatu hari, Rexi mengajak kembali Faris untuk membangun bisnis online. Faris menjalankan tugas sebagai pengiklan di Facebook, semetara Rexi fokus membangun blog berbahasa Inggris. Namun karena hasilnya dirasakan tidak terlalu berkembang, Rexi pun mengajak Faris untuk beralih menjadi pebisnis dropship dan membangun tim bersama Syamsul dan Willy. Mereka pun mengajak kembali Syamsul dan Willy yang bertugas untuk membuat konten video dan mencari supplier.

Disini Faris dkk berkomitmen membangun sebuah toko online yang menawarkan produk-produk UKM di Indonesia. Mereka pun membuat sebuah perusahaan startup dan membangun toko online-nya dengan tim yang solid.

Membangun E-Commerce Terbesar Di Indonesia

Suatu hari Faris bertemu kembali dengan mantan klien perusahaan agensinya yang menjadi tempat bekerjanya dulu. Disinilah takdir baik berpihak kepada tim ini. Tak disangka, kliennya yang merupakan seorang investor berkebangsaan Cina berniat untuk menginvestasikan uangnya kepada sebuah startup di Indonesia. Faris dan timnya pun menyepakati itu. Mereka pun membangun sebuah e-commerce baru yang berfokus menjual produk-produk digital di Indonesia.

Kini e-commerce tersebut sukses berkembang menjadi salah satu e-commerce di Indonesia dengan total suntikan dana 100 juta USD dan memiliki 25 juta user dengan transkaksi tercatat Rp 1 miliar per harinya.

Itulah sepenggal biografi dan kisah sukses Faris Yuli, CEO e-commerce terbesar di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *