asuransi jiwa terbaik di Indonesia

Inilah Daftar 10 Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia!

Posted on

Kamu mau tahu perusahaan asuransi jiwa terbaik di indonesia? Silahkan baca ini secara lengkap.

Seiring dengan berkembangnya layanan perasuransian di tanah air, kini mulai banyak perusahaan asuransi jiwa yang bermunculan. Seluruh perusahaan berlomba-lomba agar menjadi yang terbaik. Lalu perusahaan asuransi jiwa manakah yang menduduki peringkat 10 besar terbaik? Mari simak pemabahasan berikut.

Dalam data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terdapat daftar lebih dari 70 perusahaan asuransi yang membuka layanannya di Indonesia dan angka ini diperkirakan akan terus tumbuh.

Maraknya perusahaan asuransi ini tentu akan berdampak membuat masyarakat jadi bingung dalam memilih salah satu produk dari perusahaan asuransi mana yang harus dibeli. Maka dari itu, untuk memperoleh kepercayaan masyarakat, semua perusahaan asuransi ini berlomba-lomba dalam memberi pelayanan dan juga mempromosikan produknya demi  mendapatkan peringkat terbaik.

Ada banyak kriteria yang bisa digunakan untuk memberikan nilai kepada perusahaan asuransi dalam memberikan peringkat terbaik. Umumnya, ada 14 kriteria yang digunakan, baik itu berupa produk asuransi umum, asuransi jiwa maupun reasuransi, yakni mulai dari pertumbuhan laba bersih, pertumbuhan aset rata-rata, hingga Risk Based Capital perusahaan asuransi.

Selain beberapa kriteria tersebut, penilaian perusahaan asuransi memiliki banyak versi yang bisa digunakan. Versi yang paling umum ditemukan adalah majalah investor, yang mengambil sejumlah kriteria dari ke -14 kriteria diatas.

Daftar Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia

Nah, berikut ini kami telah menyiapkan daftar 10 perusahaan asuransi jiwa terbaik di Indonesia. Perlu kamu ketahui, kalau data daftar perusahaan asuransi jiwa terbaik di Indonesia ini kami peroleh dari data perbandingan dengan menggunakan beberapa sumber informasi terpercaya. Sehingga mungkin saja daftar perusahaan asuransi terbaik disini akan berbeda dengan versi lainnya, karena pemeringkatan ini merupakan hasil penggabungan dari sejumlah informasi.

1. AIA Financial

PT AIA Financial merupakan perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia dan secara resmi terdaftar di dan diawasi oleh OJK. AIA Financial ini merupakan anak perusahaan AIA Group. Sepanjang sejarah, perusahaan ini dulunya memiliki nama PT AIG Life yang kemudian diubah menjadi AIA Financial pada tahun 2009.

2. AXA Mandiri

Berawal dari bisnis asuransi jiwa sejak tahun 2004, AXA Mandiri kemudian memasuki bisnis asuransi umum pada 2011. Kini produk-produk asuransi AXA Mandiri telah semakin lengkap dan berupaya fokus untuk menyediakan berbagai solusi kebutuhan nasabah, baik dari segi layanan keuangan dan investasi, maupun solusi perlindungan jiwa dan aset.

AXA Mandiri berdiri dibawah naungan AXA Group, yang merupakan salah satu perusahaan asuransi terbesar di dunia, dengan total lebih dari 166.000 karyawan yang melayani 100 juta lebih nasabah di 64 negara. Berkat konsistensinya, AXA bahkan telah diakui oleh Interbrand sebagai brand asuransi nomor satu di dunia selama delapan tahun secara berturut-turut, yaitu dari 2009 hingga 2016.

3. Cigna

PT Asuransi Cigna merupakan perusahaan asuransi jiwa terbaik di Indonesia yang terdaftar dan diawasi oleh OJK. Didirikan pada 1990, Cigna Indonesia merupakan anak perusahaan Cigna Corporation, yang menjadi perusahaan pelayanan kesehatan raksasa di pasar Amerika Serikat. Layanan mereka beroperasi di 30 negara, dan memiliki nasabah berjumlah hampir 100 juta, dengan lebih 41.000 karyawan.

Di Indonesia, Cigna kini telah berkembang menjadi salah satu perusahaan asuransi terkemuka dengan keunggulan yang secara spesifik dalam menyediakan produk dan layanan yang menjangkau konsumen secara langsung. Pada akhir 2016, Cigna membukukan pencapaian Risk Based Capital sebesar 637%, dimana angka ini berada jauh diatas peraturan pemerintah yang umumnya sebesar 120%.

4. Allianz

Allianz tercatat pertama kali datang ke tanah air pada tahun 1981 dengan membuka kantor perwakilan. Pada 1989, Allianz kemudian mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, yang bergerak dalam sektor layanan asuransi umum. Berlanjut pada tahun 1996, Allianz kemudian mulai melirik bisnis asuransi jiwa, asuransi kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia.

Kini Allianz telah berkembang menjadi perusahaan asuransi yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan di ratusan kantor pemasaran di 53 kota di Indonesia. Kekuatan ini ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya guna melayani tujuh juta lebih tertanggung di Indonesia.

5. Manulife

Didirikan pada 1985, PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia menjadi bagian dari Manulife Financial Corporation, yang berasal dari Kanada dan beroperasi di Asia dan Amerika Serikat. Manulife Indonesia menawarkan beragam layanan termasuk asuransi jiwa, layanan investasi, dana pensiun dan asuransi kecelakaan dan kesehatan kepada nasabah individu maupun para pelaku usaha.

Melalui lebih dari 9.000 karyawan dan jaringan agen pemasar yang berada di 24 kantor perwakilan, Manulife telah melayani 2,3 juta nasabah di Indonesia.

6. Generali

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia adalah bagian dari Generali Group, sebuah perusahaan yang berdiri pada tahun 1831, di Italia dan menjadi salah satu perusahaan asuransi jiwa terbesar di Eropa.

Generali ini berhasil menjadi pemain utama industri asuransi jiwa dengan strategi bisnis yang terdefinisi secara spesifik. Didukung lebih dari 11.000 agen pemasar, Generali lebih berfokus pada pada langkah-langkah seperti pembangunan kemitraan seimbang berjangka panjang dengan lembaga keuangan dan distribusi umum; penyediaan produk-produk inovatif superior dan layanan bernilai tambah kepada pelanggan; dan pengelolaan jalur multi distribusi.

7. FWD

PT FWD Life Indonesia hadir di Indonesia dengan nama FWD Life yang merupakan bagian dari FWD Group. Selain di tanah air, layanan FWD Group hadir di Macau, Hong Kong, Filipina, Thailand, Vietnam, Singapura serta Jepang untuk memberikan layanan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan, dan asuransi umum. Secara global sejak tahun 2013, FWD merupakan lini bisnis asuransi dari grup investasi, Pacific Century Group.

FWD berfokus mengembangkan pengalaman konsumen baru dengan menghadirkan produk yang mudah dipahami, yang didukung oleh teknologi digital. Lewat pendekatan yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah di Asia, FWD berharap mampu meraih visinya untuk menjadi perusahaan asuransi terkemuka di Asia, demi mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi.

8. Great Eastern

Didirikan pada tahun 1908, Great Eastern menjadi grup asuransi jiwa tertua dan terbesar di Malaysia dan Singapura. Dengan aset lebih dari SG$ 60 miliar dan sekitar 4 juta pemegang polis, Great Eastern memiliki tiga saluran distribusi yang sukses: saluran bancassurance, distribusi agency, dan perusahaan jasa penasihat keuangan.

Sudah lebih dari 100 tahun, grup ini telah menjadi bagian dari pemain terdepan dalam sektor industri asuransi di Asia, dengan mengutamakan sisi keamanan keuangan nasabah. Dengan prestasinya, Great Eastern terus memperkuat posisinya di Asia yang dikenal begitu dinamis dan kompetitif. Selain di Malaysia dan Singapura, mereka juga beroperasi di Brunei Darussalam dan Indonesia, serta memiliki kantor perwakilan di Myanmar dan Tiongkok.

9. Prudential

Didirikan pada 1995, PT Prudential Life Assurance merupakan bagian dari Prudential plc, yang merupakan sebuah grup perusahaan jasa keuangan di Inggris. Sebagai bagian dari grup internasional yang berpengalaman lebih dari 168 tahun dalam sektor industri asuransi jiwa, Prudential berkomitmen untuk mengembangkan bisnisnya di tanah air.

Sejak peluncuran produk asuransi terkait investasi (unitlink) pertamanya pada 1999, Prudential telah sukses menjadi pemimpin pasar kategori produk tersebut.

Prudential sendiri menyediakan berbagai produk yang dirancang untuk memenuhi setiap kebutuhan keuangan nasabahnya secara spesifik. Dari sinilah mereka mulai mendirikan unit bisnis Syariah sejak 2007 dan sukses memimpin pasar asuransi jiwa syariah di Indonesia hingga kini.

Prudential memiliki kantor pusat di Jakarta dan kantor perwakilan yang tersebar di beberapa kota besar seperti Surabaya, Medan, Denpasar, Bandung, Batam dan Semarang. Prudential telah melayani 2,4 juta nasabah melalui lebih dari 260.000 agen pemasar berlisensi di 393 Kantor Pemasaran Mandiri di seluruh Indonesia.

10. Panin Dai-ichi

Panin Life adalah salah satu perusahaan asuransi jiwa terkemuka yang telah melayani lebih dari 40 tahun nasabahnya di Indonesia. Menjadi bagian dari Panin Group of Companies dan didukung oleh jaringan pemasaran melalui agen, karyawan, serta berbagai mitra bisnis strategisnya, Panin Life telah tumbuh dengan tingkat kepercayaan yang tinggi berkat reputasi pelayanannya yang memuaskan, terutama dalam hal pembayaran klaim yang cepat.

Secara global, Dai-ichi Life sendiri merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa terbesar di Jepang dengan pengalaman 110 tahun lebih dalam industri asuransi jiwa di dunia. Di Jepang menurut data per Juni 2015, Dai-ichi Life terdaftar sebagai perusahaan publik peringkat “A” dari Fitch dan peringkat “A+” dari Standard & Poor’s.

Pilihlah Produk Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia yang Sesuai Dengan Kebutuhanmu…

Perusahaan-perusahaan asuransi jiwa terbaik di Indonesia diatas telah cukup lama bergerak di bidang asuransi, sehingga memiliki posisi kuat di industri ini. Akan tetapi saat Anda ingin mulai membeli asuransi, kekuatan perusahaan bukanlah hal utama yang harus dipertimbangkan.

Pertimbangan utamanya adalah seberapa besar kebutuhan uang pertanggungan kamu dan apakah asuransi yang mau kamu beli bisa mencukupi kebutuhan uang pertanggungan tersebut. Setelah kamu mengetahui kebutuhanmu sendiri, dari situlah kamu mulai dapat memilih salah satu dari perusahaan asuransi jiwa terbaik yang dapat menjawab kebutuhanmu sendiri.

Dan yang paling penting, kamu wajib untuk membaca semua persyaratan yang tertera dalam polis asuransi terlebih dahulu. Pahami secara lengkap produk asuransi yang kamu incar dan belilah produk asuransi jiwa terbaik di Indonesia yang benar-benar memang dapat menjawab kebutuhanmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *