10 Cara Monetisasi Blog Bahasa Indonesia

Posted on

Bagaimana Cara Monetisasi Blog Berbahasa Indonesia? Sebenarnya ada banyak program cara monetize blog yang bisa kita terapkan. Namun nyatanya masih ada beberapa program monetize yg mensyaratkan blog harus berbahasa inggris. Lantas bagaimana Cara Monetisasi Blog Yang Berbahasa Indonesia?

Cara Monetisasi Blog

Nah, bagi anda yang memiliki blog berbahasa indonesia tidak perlu khawatir, sebab anda masih bisa memonetisasi blog dengan beberapa program monetize blog yang mendukung bahasa Indonesia. Berikut ini saya akan membagikan 10 Cara Monetisasi Blog Berbahasa Indonesia yang bisa Anda terapkan, diantaranya yaitu :

 

Cara Monetize Blog Berbahasa Indonesia

1. Menjadi publisher PPC
PPC merupakan singkatan dari Paid Per Click, yakni program periklanan pihak ketiga yang akan membayar anda sebagai publisher dengan memasang iklan milik pihak ketiga di blog kita, lalu kita akan dibayar bila ada pengunjung yang mengklik iklan. Biaya iklan per click (CPC) sesuai dengan ketentuan pihak situs PPC yg kita ikuti. Untuk menjadi publisher kita harus mendaftar dan menunggu sampai blog kita disetujui. Kemudian barulah kita dapat memasang iklan PPC di blog kita.
Salah satu situs PPC yang paling banyak diikuti di dunia yakni Google Adsense. Namun tak mudah untuk menjadi publisher Adsense, sebab ada TOS yang harus dipatuhi. Untuk alternatif Google Adsense, anda bisa mengikuti PPC luar negeri lainnya seperti infolinks.com, bidvirtiser.com dan revenuehits.com.
2. Mengikuti Affiliate
Affiliate adalah cara monetisasi blog dengan menawarkan / menjual produk orang lain. Anda akan mendapatkan komisi apabila ada produk yang berhasil anda jual. Untuk menerapkan bisnis afiliasi ini ada 2 cara yang bisa anda lakukan yakni memasang banner link atau text link menuju produk yang dijual
Ada banyak program affiliasi yang bisa Anda ikuti diantaranya yaitu Amazon.com dan Clickbank.com. Caranya adalah Anda meletakkan banner link suatu produk di sidebar atau footer blog anda, jika ada pengunjung meng-klik link banner tersebut dan melakukan pembelian dari link referral anda maka anda akan mendapatkan komisi. Atau anda juga bisa membuat review promosi sebuah produk dan menanamkan text link affiliasi menuju produk yang anda jual.
3. Mengikuti Paid To Review

Cara monetisasi blog melalui jasa review juga sangat populer dan sangat menguntungkan. Selain dengan menawarkan jasa review sendiri melalui postingan atau mengirim email kepada calon pengiklan (advertiser), kita juga bisa memanfaatkan situs broker Paid review dengan mendaftar sebagai publisher diantaranya yakni sponsoredreviews.com, blogsvertise.com dan adreviewcamp.com.

Namun untuk sukses dalam menyediakan jasa review blog anda harus memenuhi kriteria seperti Alexa rank yg kecil dibawah 400 ribu dan pageviews mencapai 2 ribu. Penghasilan yang bisa anda dapatkan dari satu review berkisar 100 – 500 ribu rupiah tergantung peringkat blog kita.

4. Menampilkan Google Adsense for Search
Kita dapat menampilkan unit Adsense for Search di website / blog kita. Manfaatkanlah layanan Google Custom Search Engine guna mendapatkan hasil pencarian yg relevan sesuai keyword dan website yg diinginkan.
5. Menawarkan Iklan Mandiri
Anda bisa menawarkan iklan mandiri dengan cara menyediakan ruang kosong di header atau sidebar blog anda untuk ditempati iklan advertiser. Silahkan tentukan harga untuk tiap ruang iklan yang akan anda tawarkan kepada advertiser.
6. Menawarkan Jasa Keahlian
Jika kamu punya keahlian tertentu seperti seo, web design, design, translate atau writing, maka sebaiknya promosikan keahlian tersebut melalui blog Anda. Selain menghasilkan uang, dengan metode ini Anda dapat menjadi sarana public relation yg efektif untuk memperkenalkan keahlian Anda di dunia maya. Oleh sebab itu mulailah dari sekarang menawarkan jasa keahlian Anda.
7. Menjual E-book

Saat ini buku digital tak kalah laris dibanding dengan buku fisik. Oleh sebab itu, membuat e-book dapat menjadi peluang monetisasi blog yang potensial. Anda dapat menulis seputar apa saja yg anda kuasai, dan menjadikannya sebuah e-book, kemudian promosikan e-book buatan anda di blog Anda.

Selain mendapatkan penghasilan dengan promosi di blog sendiri, Anda juga bisa membuat sistem affiliasi supaya pengunjung blog Anda juga dapat mempromosikan e-book Anda, tentunya dengan memberikan komisi kepada mereka yg berhasil menjual ebook anda.

8. Menjual Produk Sendiri

Apabila anda mempunyai bisnis offline, maka cobalah tawarkan melalui blog anda. Anda dapat menjual produk milik sendiri seperti buku, pakaian, cinderamata, kado, kue dan masih banyak lainnya. Dengan menawarkan dan mempromosikan melalui blog dapat meluaskan jangkauan pasar bisnis anda.

9. Mengikuti CPA

Satu lagi cara monetisasi blog berbahasa Indonesia yakni mengikuti CPA (Cost Per Action) Indonesia. Kelebihan CPA dibanding CPC seperti google adsense yakni jika di Adsense kita akan mendapatkan uang yang relatif kecil yakni ratusan sampai ribuan rupiah setelah ada pengunjung yang mengklik iklan dan harga per klik di tentukan sesuai dengan kepopularitasan keyword. Tapi berbeda di CPA kita akan mendapatkan komisi yang cukup besar bisa sampai puluhan ribu rupiah, dan iklan yang tampil di blog juga tetap statis sesuai dengan advertiser yang kita pilih.

Demikian artikel singkat Ehpedia.com mengenai 10 Cara Monetisasi Blog Berbahasa Indonesia ini. Semoga artikel ini dapat membantu anda menemukan cara terbaik monetize blog anda.

12 thoughts on “10 Cara Monetisasi Blog Bahasa Indonesia

  1. Alhamdulillah.. cukup untuk menuhin kebutuhan sehari – hari, kalau klikberiklan saya masih ujicoba, daftar juga belum ada seminggu.sumber penghasilan utama blog saya dari review dan content placement.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *